BAHASA INGGRIS SEBAGAI SALAH SATU SARANA DALAM MEMPROMOSIKAN WISATA KABUPATEN JEMBER MELALUI JEMBER FASHION CARNAVAL (JFC) DI MANCANEGARA
Abstract
JFC (Jember Fashion Carnaval) adalah suatu peragaan busana yang
dilaksanakan di jalan utama Kabupaten Jember, yang diikuti oleh khalayak umum
dan tidak dipungut biaya. Busana yang diperagakan merupakan karya dari peserta
JFC sendiri, jadi selain memberikan hiburan JFC juga memberikan pengalaman
tentang fashion kepada para pesertanya. JFC merupakan salah satu parade busana
terbesar dengan catwalk terpanjang di dunia.
Saat ini JFC sudah dikenal bukan hanya di dalam negeri tetapi juga di
mancanegara. Selain itu hubungan dengan beberapa negara-negara mode di dunia
juga semakin membaik, sehingga dapat disimpulkan juga bahwa JFC sudah memiliki
jaringan Internasional yang cukup luas. Sehingga untuk mempromosikan Jember dan
Indonesia pada umumnya, duta-duta JFC tidak memiliki kendala dalam hal hubungan
antar negara. Tetapi dalam sebuah kegiatan promosi pariwisata, diperlukan bahasa
pengantar yang mudah dimengerti dan dipahami oleh semua masyarakat baik dalam
negeri maupun luar negeri. Salah satu bahasa yang mudah dipahami dan dimengerti
oleh masyarakat luar negeri adalah Bahasa Inggris, sehingga Bahasa Inggris menjadi
alat komunikasi yang sangat penting bagi dunia pariwisata.
Kegiatan promosi juga sangat berperan penting bagi pengembangan
pariwisata, berkaitan dengan minat kunjungan wisatawan. Sehingga kemampuan
berbahasa Inggris sangat diperlukan oleh pihak yang terkait dalam kegiatan
periwisata baik yang berada di Kantor Pariwisata maupun di tempat-tempat usaha
jasa pariwisata.
Pada saat ini, pariwisata merupakan sektor yang sangat menjanjikan bila
dikelola secara professional bagi Kabupaten Jember dalam upaya peningkatan
pendapatan asli daerah serta pertambahan ekonomi rakyat. Selain itu sumber daya manusia yang professional dan berkemampuan khusus di bidang kepariwisataan
sangat diperlukan dalam upaya peningkatan kualitas dan pelayanan kepariwisataan.
Dengan adanya hubungan yang cukup baik antara JFC dengan luar negeri,
maka kesempatan untuk mempromosikan pariwisata di negara kita akan lebih terbuka
lebar. Selain itu peran serta masyarakat dan pihak swasta sangat diperlukan dalam
upaya pengembangan dunia kepariwisataan khususnya dalam mempromosikan pariwisata.