PENGARUH IKLAN POND’S WHITE BEAUTY DI TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Iklan Pond’s White Beauty di Televisi
terhadap Keputusan Pembelian pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas
Ekonomi Universitas Jember”. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana pengaruh
variabel independen (isi iklan, struktur iklan, format iklan, dan sumber iklan)
terhadap variabel dependen (keputusan pembelian). Metode pengambilan sampel
yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel yang diambil
adalah 75 responden. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier
berganda.
Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa variabel isi iklan berpengaruh
signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian, variabel struktur iklan
berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian, variabel format
iklan berpengaruh signifikan dan posotif terhadap keputusan pembelian, dan
variabel sumber iklan berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan
pembelian. Hasil secara simultan menunjukkan bahwa variabel isi iklan, struktur
iklan, format iklan, dan sumber iklan berpengaruh signifikan dan positif terhadap
keputusan pembelian pada mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi
Universitas Jember.
Kata kunci: keputusan pembelian, isi iklan, struktur iklan, format iklan, dan
sumber iklan.