Show simple item record

dc.contributor.authorIlul Istiqomah
dc.date.accessioned2014-01-17T06:18:07Z
dc.date.available2014-01-17T06:18:07Z
dc.date.issued2014-01-17
dc.identifier.nimNIM080210204113
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16048
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang menunjukkan aktivitas dan hasil belajar siswa SDN Sempolan 02 kurang optimal. Faktor penghambat siswa untuk memahami soal dan materi yang diberikan guru adalah metode pembelajaran yang kurang bervariasi tidak diterapkan dan guru paling banyak mendominasi dalam proses pembelajaran. Akibatnya siswa menjadi pasif sehingga menyebabkan pembelajaran menjadi membosankan dan menjadikan siswa malas belajar dan hasil belajarnya rendah. Berdasarkan hasil tes pada observasi awal dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 25% sedangkan rata-rata kelas hanya mencapai 60,6 (dibawah kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan sekolah yaitu 65). Oleh karena itu perlu dilaksanakan model pembelajaran kooperatif teknik Peta Konsep. Penelitian ini dilakukan dengan rumusan masalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sempolan 02 melalui penerapan pembelajaran kooperatif teknik Peta Konsep pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Masalah-masalah sosial tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sempolan 02 melalui penerapan pembelajaran kooperatif teknik Peta Konsep pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Masalah-masalah sosial tahun pelajaran 2011/2012. Manfaat yang diharapkan dalam penelitian ini antara lain: bagi siswa dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih bervariasi, bagi guru dapat memberikan masukan tentang alternatif pembelajaran, bagi peneliti dapat informasi tentang metode yang inovatif dan bagi pihak sekolah yang terkait hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran demi peningkatan mutu pendidikan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di SDN Sempolan 02 Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV semester genap tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 6 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Peneliti dibantu oleh 2 observer. Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 17 Januari 2012 sampai tanggal 05 April 2012. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hal-hal yang dilakukan pada setiap siklus adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data dalam penelitian ini mengggunakan analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa meningkat setelah pembelajaran kooperatif teknik peta konsep diterapkan. Siklus I 70,41% siswa termasuk aktif. Siklus II terdapat 74,79% siswa. Hasil belajar siswa dilihat dari ketuntasan klasikal yang dicapai pada siklus I adalah sebesar 79,8%, sedangkan pada siklus I sebesar 87,5%. Sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran kooperatif teknik peta konsep dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sempolan 02 Kecamatan Silo Kabupaten Jember pada mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah-masalah sosial tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan hasil penelitian tentang penerapan pembelajaran kooperatif teknik peta konsep pada siswa kelas IV SDN Sempolan 02, maka dapat diberikan saran bahwa siswa sebaiknya dijadikan subjek pembelajaran kooperatif teknik peta konsep sehingga dapat memberikan pengalaman belajarnya. Bagi guru dan bagi peneliti yang akan mengadakan penelitian ilmiah di bidang pendidikan selanjutnya serta pihak sekolah terkait hendaknya menerapkan pembelajaran ini sebagai alternatif pembelajaran di kelas untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204113;
dc.subjectTeknik Peta Konsepen_US
dc.title“Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Masalah-Masalah Sosial Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik Peta Konsep Di SDN Sempolan 02 Tahun Pelajaran 2011/2012”en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record