• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL DAN INTELEKTUAL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV-B SEMESTER GENAP SD NEGERI KERTOSARI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (35)xx_1.pdf (629.2Kb)
    Date
    2014-01-17
    Author
    RINA HERLINDARI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kegiatan pembelajaran di sekolah saat ini, masih belum sepenuhnya menerapkan pendekatan maupun metode pembelajaran yang dapat meningkatkan efektivitas belajar mengajar di kelas. Pada umumnya dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah ataupun metode tanya jawab dan penugasan tanpa mengkombinasikan dengan pendekatan atau metode lain yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penerapan Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) yaitu dengan mengkombinasikan gerak fisik dan aktifitas intelektual serta dengan menggunakan semua indera yang dimiliki, dapat berpengaruh besar pada aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Pendekatan SAVI mampu memunculkan suasana belajar yang lebih menarik dan efektif, membangkitkan kecerdasan terpadu siswa secara penuh melalui penggabungan gerakan fisik dengan aktivitas intelektual, mampu membangkitkan kreativitas dan meningkatkan kemampuan psikomotor siswa, serta memaksimalkan ketajaman konsentrasi siswa melalui pembelajaran secara visual, auditori dan intelektual. Permasalah yang akan dikaji pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV-B semester genap tahun pelajaran 2010/2011 SDN Kertosari 01 Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember dalam pelajaran IPA materi perubahan lingkungan fisik melalui pendekatan SAVI. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar melalui pembelajaran dengan pendekatan SAVI dalam mata pelajaran IPA siswa kelas IV-B SDN Kertosari 01 Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Kertosari 01 Kecamatan Pakusari, dimulai pada tanggal 12 April 2011 sampai 28 April 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas IV-B dengan jumlah siswa 35 anak, terdiri dari 23 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah model skema spiral dari Hopkins yang terdiri dari empat fase yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPA dengan pendekatan SAVI dan analisis tes ketuntasan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan SAVI pada siklus I dan siklus II. Hasil analisis aktivitas siswa pada tahap prasiklus mencapai 39,28% dengan persentase ketuntasan hasil belajar mencapai 45,71%. Hal ini menunjukkan bahwa pada tahap prasiklus, aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran kurang aktif dan secara klasikal ketuntasan hasil belajar yang diperoleh belum memenuhi standar KKM yang ditetapkan. Pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 58,95% dan secara klasikal ketuntasan hasil belajar yang dicapai sebesar 71,43%, sedangkan pada siklus II persentase aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran juga mengalami peningkatan dari siklus I yaitu sebesar 72,37% dengan ketuntasan belajar siswa yang dicapai sebesar 88,57%. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II, siswa telah mengikuti pembelajaran dengan aktif dan ketuntasan hasil belajar yang diperoleh telah memenuhi standar KKM yang ditetapkan. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dari penelitian pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan SAVI pada pokok bahasan perubahan lingkungan fisik, dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa, sehingga pendekatan SAVI ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam penyajian pembelajaran IPA khususnya dalam penanaman konsep awal siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16022
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository