ANALISIS POSISIONING PADA PRODUK PT. TELKOMSEL JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi jasa PT. Telkomsel
Jember berdasarkan atribut-atribut yang ditawarkan dan untuk mengetahui apakah
terdapat perbedaan antara pelanggan dan calon pelanggan dalam menentukan jasa
komunikasi guna menentukan atribut mana yang paling mempengaruhi penilaian
dan yang paling tidak berpengaruh pada keputusan pelanggan dan calon
pelanggan dalam memilih jasa komunikasi. Waktu pelaksanaan penelitian
berlangsung selama satu bulan yaitu pada bulan Januari 2007
Atribut yang ditawarkan adalah produk, harga, promosi, tempat, karyawan,
proses dan bukti fisik. Analisis data yang digunakan untuk menentukan atribut
mana yang paling mempengaruhi pelanggan dan calon pelanggan adalah skala
prioritas. Untuk menentukan nilai rata-rata dari masing-masing atribut yang
ditawarkan menggunakan mean skor. Untuk menentukan nilai posisi dilakukan
dengan mengalikan nilai prioritas atribut dengan mean skor. Untuk menentukan
ada atau tidak adanya perbedaan yang signifikan antara pelanggan dan calon
pelanggan dalam menentukan atribut yang dianggap penting dalam memilih jasa
komunikasi, dilakukan dengan uji chi square test