dc.description.abstract | ujuan SMK Negeri 4 Jember adalah menyiapkan tenaga kerja terampil,
b
e
r
kua
l
i
t
a
s
da
n
m
a
n
d
i
r
i
u
n
t
uk
m
e
n
g
i
s
i
b
e
r
b
a
g
a
i
po
s
i
s
i
pe
k
e
r
j
a
a
n
pa
da
t
i
n
gka
t
m
e
n
e
n
ga
h
s
e
s
ua
i
bi
da
n
g
ny
a
.
S
e
l
a
i
n
i
t
u,
l
u
l
u
s
a
n
S
e
ko
l
a
h
M
e
n
e
n
ga
h
K
e
j
ur
ua
n
(
S
M
K
)
da
pa
t
b
e
ke
r
j
a
s
e
b
a
ga
i
w
i
r
a
us
a
h
a
w
a
n
.
A
ka
n
t
e
t
a
pi
,
ke
ny
a
t
a
a
n
m
e
n
u
nj
ukka
n
b
a
h
w
a
m
a
s
i
h
c
ukup
b
a
ny
a
k
l
u
l
us
a
n
y
a
n
g
b
e
l
u
m
b
e
k
e
r
j
a
k
h
us
u
s
ny
a
d
i
b
i
da
ng
w
i
r
a
us
a
ha
.
B
ukt
i
ny
a
t
a
m
a
t
a
n
S
M
K
N
e
ge
r
i
4
J
e
m
b
e
r
s
e
l
a
m
a
3
(
t
i
ga
)
t
a
h
u
n
(
2003,
2004,
da
n
2005)
pa
da
3
(
t
i
ga
)
pr
o
gr
a
m
s
t
ud
i
y
a
i
t
u
A
d
m
i
n
i
s
t
r
a
s
i
P
e
r
ka
n
t
o
r
a
n
(
A
P
)
,
A
ku
n
t
a
ns
i
(
A
K
)
da
n
P
e
nj
ua
l
a
n
(
P
J
)
y
n
a
g
b
e
k
e
r
j
a
pa
da
bi
d
a
n
g
w
i
r
a
us
a
h
a
y
a
i
t
u
s
e
b
a
ny
a
k
21%
da
r
i
t
ot
a
l
ke
l
u
l
us
a
n
.
H
a
l
i
n
i
m
e
n
u
nj
ukka
n
a
d
a
ny
a
m
i
na
t
s
i
s
w
a
un
t
uk
be
r
w
i
r
a
us
a
h
a
s
e
t
e
l
a
h
t
a
m
a
t
s
e
ko
l
a
h
,
m
e
s
k
i
pu
n
b
e
l
u
m
b
e
s
a
r
ni
l
a
i
n
y
a
.
P
e
n
a
n
a
m
a
n
m
i
na
t
b
e
w
i
r
a
us
a
h
a
s
i
s
w
a
d
i
pe
n
g
a
r
uhi
o
l
e
h
pe
n
ge
t
a
h
ua
n
da
n
ke
t
e
r
a
m
p
i
l
a
n
.
P
e
n
ge
t
a
h
ua
n
ke
w
i
r
a
us
a
h
a
a
n
d
i
S
M
K
d
i
p
e
r
o
l
e
h
m
e
l
a
l
u
i
m
a
t
a
d
i
k
l
a
t
ke
w
i
r
a
us
a
h
a
a
n
.
S
e
da
n
gk
a
n
ke
t
e
r
a
m
p
i
l
a
n
d
i
pe
r
o
l
e
h
m
e
l
a
l
u
i
pe
l
a
ks
a
na
a
n
pr
a
kt
e
k
ke
r
j
a
i
n
du
s
t
r
i
.
T
uj
u
a
n
pe
ne
l
i
t
i
a
n
a
da
l
a
h
u
n
t
uk
m
e
n
ge
t
a
h
u
i
pe
n
ga
r
u
h
h
a
s
i
l
b
e
l
a
j
a
r
ke
w
i
r
a
us
a
h
a
a
n
da
n
pr
a
kt
e
k
ke
r
j
a
i
n
du
s
t
r
i
t
e
r
h
a
da
p
m
i
na
t
b
e
r
w
i
r
a
us
a
ha
da
n
i
ng
i
n
m
e
n
ge
t
a
h
u
i
p
e
r
b
e
d
a
a
n
m
i
na
t
b
e
r
w
i
r
a
u
s
a
h
a
s
i
s
w
a
pr
o
gr
a
m
s
t
ud
i
a
ku
n
t
a
ns
i
,
a
d
m
i
n
i
s
t
r
a
s
i
pe
r
ka
n
t
o
r
a
n
,
da
n
pe
nj
ua
l
a
n
.
H
a
s
i
l
pe
n
e
l
i
t
i
a
n
i
n
i
d
i
ha
r
a
pka
n
d
a
pa
t
d
i
m
a
nf
a
a
t
ka
n
o
l
e
h
S
M
K
N
e
ge
r
i
4
J
e
m
be
r
a
ga
r
m
e
ni
ngka
t
ka
n
m
e
t
o
de
pe
m
b
e
l
a
j
a
r
a
n
ke
w
i
r
a
us
a
ha
a
n
gun
a
m
e
n
u
m
bu
h
ka
n
m
i
na
t
ke
w
i
r
a
us
a
h
a
a
n
s
i
s
w
a
.
Hipotesis penelitian yang diajukan adalah diduga ada pengaruh yang
signifikan hasil belajar kewirausahaan dan praktek kerja industri terhadap minat
berwirausaha siswa dan diduga ada perbedaan minat berwirausaha siswa pada
program studi akuntansi, administrasi perkantoran, dan penjualan.
xvi
Create PDF files without this message by purchasing novaPDF printer (http://www.novapdf.com)
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SMK Negeri 4 Jember Tahun
Ajaran 2007/2008 sebanyak 226 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan
metode angket dan dokumenter. Metode angket digunakan untuk variabel minat
berwirausaha dengan menggunakan skala Likert. Sedangkan metode dokumentasi
digunakan untuk variabel hasil belajar kewirausahaan dan praktek kerja industri.
Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data interval dan data rasio.
Pengolahan data menggunakan statistik parametrik yaitu analisis regresi berganda
dan uji komparatif k sampel independen.
Berdasarkan hasil perhitungan statistik pengujian hipotesis pertama yaitu
menghasilkan nilai F-hitung sebesar 8,512 sedangkan nilai F-tabel sebesar 3,038
yang menunjukkan bahwa nilai F-hitung lebih besar dari nilai F-tabel (F-hitung >
F-tabel). Hal ini berarti variabel hasil belajar kewirausahaan (X
) dan praktek
kerja industri (X
) secara simultan/bersama-sama mempunyai pengaruh yang
signifikan terhadap minat berwirausaha. Hasil pengujian dengan menggunakan
Anova k sampel independen adalah F-hitung yang diperoleh sebesar 6,243
dengan taraf kesalahan 5 % (α > 0,050) lebih besar dari F-tabel yang diperoleh
sebesar 3,038, ini menunjukkan bahwa nilai F-hitung lebih besar dari nilai F-tabel
(F-hitung > F-tabel). Hal ini berarti terdapat perbedaan minat berwirausaha siswa
SMK program studi akuntansi, administrasi perkantoran dan penjualan. | en_US |