PERBANDINGAN PEMBELAJARAN TEACHER CENTERED DAN COOPERATIVE PADA MATA KULIAH AKUNTANSI TERHADAP PEMAHAMAN MAHASISWA (Eksperimen pada Mahasiswa S-1 Akuntansi Universitas Jember)
Abstract
Penggunaan metode pembelajaran yang tepat merupakan cara untuk
meningkatkan kualitas pendidikan. Metode pembelajaran yang dipilih harus sesuai
dengan sifat dan hakekat materi pelajaran yang akan disampaikan, sesuai dengan
media yang tersedia, tingkat pemahaman, kemampuan dan perkembangan
mahasiswa, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Metode pembelajaran yang
banyak digunakan adalah metode teacher center learning dan saat ini mengalami
perubahan menjadi metode cooperative learning.
Penelitian mengenai perbandingan pembelajaran teacher center dan
cooperatif pada mata kuliah akuntansi terhadap pemahaman mahasiswa yang
dilakukan terhadap mahasiswa S-1 akuntansi ini untuk mengetahui perbedaan antara
penerapan pembelajaran teacher center dan cooperative terhadap pemahaman
mahasiswa akuntansi UNEJ. Dan metode mana yang lebih efektif
Terdapat 3 variabel dalam penelitian ini, yaitu pembelajran kooperatif,
pembelajaran teacher center, dan tingkat pemahaman mahasiswa. Uji hipotesis yang
dipergunakan yaitu uji t.
Berdasar hasil observasi dan uji t, terdapat perbedaan antara penerapan kedua
metode tersebut dan metode cooperatif lebih meningkatkan pemahaman mahasiswa
akuntansi akan mata kuliah akuntansi.