dc.description.abstract | PT. Wahana Ottomitra Multiartha, Tbk Cabang Jember merupakan
perusahaan yang bergerak dalambidang jasa yaitu pembiayaan pembelian sepeda
motor. PT. Wahana Ottomitra Multiartha, Tbk Cabang Jember dalam meningkatkan
pelayanan kepada costumer, menjalankan sistem informasi manajemen dengan
menggunakan sistemkomunikasi data secara on-line dengan kantor pusat PT. Wahana
Ottomitra Multiartha, Tbk dan kantor-kantor cabang lainnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untun mendeskripsikan pelaksanaan system
informasi manajemen khususnya dalampengambilan keputusan pemberian kredit
pada PT. Wahana Ottomitra Multiartha, Tbk Cabang Jember. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan paradigma kualitatif. Tahap
analisis data menggunakan analisis Domain Taksonomi dengan pemilihan informan
menggunakan snowball sampling. Penarikan kesimpulan dilakukan secara induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi manajemen dalam
pengambilan keputusan pemberian kredit pada PT. Wahana Ottomitra Multiartha,
Tbk Cabang Jember menggunakan informasi internal dan eksternal perusahaan.
Pengambilan keputusan pemberian kredit pada PT. Wahana Ottomitra
Multiartha, Tbk Cabang Jember menggunakan konsep 5C. Sistem informasi secara
on-line digunakan pada analisis kredit. Pelaksanaan sistem informasi manajemen
dalam monitoring dan evaluasi dilakukan dengan melakukan pencatatan data
masukan (recording/capturing), manipulasi data, klasifikasi, perhitungan
(calculating), pengurutan (sorting), dan penggabungan (merging), peringkasan summarizing), penyimpanan (storing), dan peggunaan kembali. Pelaksanaan sistem
informasi manajemen dalam otomatisasi keputusan pemberian kredit melalui
beberapa tahap yaitu pendaftaran, pemerikasaan, analisis kredit, pegnambilan
keputusan dan evaluasi. | en_US |