PELAKSANAAN ADMINISTRASI ANGGARAN BELANJA PEMBANGUNAN PADA KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA (KPPN) JEMBER
Abstract
Berdasarkan hasil Praktek Kerja Nyata yang dilaksanakan pada Kantor
Pelayanan dan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jember dan tanya jawab serta
wawancara dengan para karyawan KPPN dan data-data yang terkumpul mengenai
Pelaksanaan Administrasi Anggaran Belanja Pembangunan Pada Kantor Pelayanan
Perbendaharaan Negara (KPPN), maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1. Kantor Pelayanan dan Perbendaharaan Negara merupakan bagian instansi dari
departemen keuangan yang merupakan unsur pelaksana tugas pokok dari
Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) yang melaksanakan sebagian tugas dari
Departemen Keuangan dibidang Anggran Pendapatan dan Belanja Negara
(APBN) berdasarkan kebijaksanaan yang telah ditetapkan oleh Menteri
Keuangan.
2. Struktur organisasi yang diterapkan oleh Kantor Pelayanan dan Perbendaharaan
Negara (KPPN) Jember adalah struktur organisasi garis yaitu setiap atasan
mempunyai bawahan tertentu, dan seorang bawahan bertanggungjawab kepada
atasanya atas pelaksanaan pekerjaan yang telah diperintahkan.
3. Pelaksanaan administrasi pembayaran anggaran belanja pembangunan oleh
Kantor Pelayanan Perbendaharan Negara (KPPN) Jember meliputi kegiatankegiatan
sebagai
berikut
:
a.
Membantu Pengujian terhadap Surat Perintah Membayar (SPM)
b. Melakukan pengujian terhadap perhitungan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS)
c. Membantu Mengisi Kartu Pegawai
d. Membantu Pengujian terhadap SP2D
e. Membantu Penerbitan Surat Perintah Membayar pada Seksi Bendaharawan
umum yang meliputi :
Penerimaan Surat Permintaan Pembayaran Pembangunan Langsung (SPPP-
LS) yang diajukan oleh bendaharawan kepada sub bagian umum melalui petugas
loket.
Pengujian Surat Permintaan Pembayaran Pembanguanan Langsung (SPP-LS)
oleh seksi Perbendaharaan
Proses penyelesaian Surat Perintah membayar langsung (SPM-LS) oleh seksi
Bendaharawan Umum
Collections
- DP-Sectariat Economic [237]