dc.description.abstract | Proses belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif apabila seorang guru
bisa menggunakan metode-metode yang bervariatif utamanya pada media
pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana penggunaan media
gambar dapat meningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS pokok bahasan
perkembangan teknologi transportasi pada siswa kelas IV SDN Mangli 01
Kabupaten Jember. Berdasarkan rendahnya hasil belajar mata pelajaran IPS SDN
Mangli 01 disebabkan oleh beberapa faktor yaitu; metode pembelajaran yang kurang
tepat dan masih belum efektif, penggunaan media pembelajaran yang sangat terbatas,
dan masih belum efektif. Salah satu cara untuk memecahkan masalah pada mata
pelajaran IPS, guru harus berperan aktif dalam menciptakan metode-metode yang
akan dipakai dalam proses belajar mengajar.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah
peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan
Perkembangan Teknologi Transportasi dengan menggunakan media gambar pada
siswa kelas IV SDN Mangli 01 Kabupaten Jember? Jenis penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
Hasil dan Pembahasan berdasarkan hasil penelitia dilakukan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran dengan menggunakan media
gambar mata pelajaran IPS pokok bahasan Perkembangan Teknologi Transportasi
pada siswa kelas IV SDN Mangli 01 Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011.
vii
Pengambilan data dilaksanakan di SDN Mangli 01 Jember pada tanggal 24 Mei 2011
sampai tanggal 26 Mei 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah
siswa 49, terdiri atas 32 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Jenis penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode observasi, wawancara,
dokumentasi dan tes. Data yang terkumpul berupa analisis jawaban siswa pada tes
akhir siklus I dan tes akhir siklus II, hasil wawancara dengan guru dan siswa kelas
IV. Hasil persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I yaitu aktivitas belajar
siswa 54%, aktivitas kelompok 63%, dan hasil tes formatif I 65%. Sedangkan
ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 40%. Hasil persentase ketuntasan belajar
siswa mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II yaitu aktivitas belajar
siswa 93%, aktivitas kelompok 88%, dan hasil tes formatif II 83%. Sedangkan
ketumtasan klasikal pada siklus II mencapai 85%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah
Saran Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini ada
beberapa saran yang perlu dipertimbangkan: Bagi kepalah sekolah, dapat dijadikan
gambaran untuk mengambil kebijakan terhadap penggunaan media pembelajaran.
Bagi guru, penggunaan media gambar dapat dijadikan sebagai alternatif. | en_US |