• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS KESENJANGAN KEPUASAN KONSUMEN PEMAKAI JASA SERVIS MOTOR HONDA DENGAN PENDEKATAN SERVICE QUALITY PADA DEALER GUNAWAN MOTOR JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (35)xx_1.pdf (254.0Kb)
    Date
    2014-01-17
    Author
    A. RIFKI ARZAKIN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    A Rifki Arzakin, NIM : 060810291183, mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jember, dengan judul skripsi “Analisis Kesenjangan Kepuasan Konsumen Pemakai Jasa Servis Motor Honda Dengan Pendekatan Service Quality Pada Dealer Gunawan Motor Jember ”. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui dan menganalisis sampai sejauh mana kesesuaian antara tingkat kepentingan unsur-unsur pelayanan pelanggan menurut pelanggan dengan kinerja yang telah dilakukan oleh Dealer Gunawan Motor serta untuk mengarahkan seluruh organisasi ke arah pemenuhan kebutuhan pelanggan, agar para pelanggan merasa puas, sehingga menjadi sumber dari keunggulan daya saing yang berkelanjutan. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling dan subjek yang digunakan adalah Dealer Gunawan Motor Jember dengan menggunakan sample sebanyak 50 responden. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan Metode Service Quality melalui pengukuran Customer Satisfaction dan metode Importance – Performance Analysis. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan pada Dealer Gunawan Motor Jember tingkat kepuasan konsumen yang diukur melalui analisis customer satisfaction dinyatakan bahwa dari kelima dimensi kualitas layanan yang digunakan, terdapat dua dimensi layanan yang kinerjanya masih kurang baik dan belum mampu memberikan kepuasan kepada konsumen atau masih ada terjadi kesenjangan, yaitu dimensi kehandalan dan empati. Sedangkan untuk dimensi keresponsifan, jaminan dan berwujud sudah dirasa mampu memberikan kepuasan kepada konsumen karena mampu memberikan kinerja layanan sesuai dengan harapan konsumen. Sedangkan untuk tingkat kesesuaian, dimensi keresponsifan merupakan dimensi yang memiliki tingkat kesesuaian tertinggi yaitu sebesar 90,39%. Dimensi yang memiliki tingkat kesesuaian terendah adalah dimensi kehandalan yaitu sebesar 84,62%.Secara rata-rata tingkat kesesuaian antara tingkat kepentingan konsumen dan kinerja layanan yang diberikan oleh pihak Dealer Gunawan Motor Jember dari kelima dimensi kualitas layanan adalah sebesar 87,18%. Posisi unsur-unsur kualitas layanan yang mempengaruhi kepuasan konsumen Dealer Gunawan Motor Jember merata pada keempat posisi kuadran yaitu kuadran A, B, C, dan D.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15866
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12415]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository