• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN PORTFOLIO ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 JENGGAWAH PADA SUB POKOK BAHASAN TABUNG DAN KERUCUT TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub-gdl-nyimasnura-10676-1-nyimasn-h_1.pdf (550.8Kb)
    Date
    2014-01-17
    Author
    NYIMAS NUR AZIZAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Banyak permasalahan yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Masalah-masalah tersebut antara lain disebabkan oleh pada pembelajaran sebelumnya selalu menggunakan pembelajaran konvensional, yaitu pembelajaran masih didominasi oleh guru, sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Murid–murid menghadapi kesulitan memahami konsep akademik (seperti konsep matematika). Selain itu dalam pembelajaran konvensional belum ada upaya untuk mengaitkan materi yang diajarkan dengan kehidupan seharihari siswa sehingga belajar menjadi tidak bermakna baginya. Salah satu model pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif adalah pembelajaran kontekstual dengan portfolio assessment. Dalam pembelajaran kontekstual terdapat tujuh komponen yaitu konstruktivisme (Constructivism), bertanya (Questioning), menemukan (Inquiry), masyarakat belajar (learning Community), pemodelan (Modeling), refleksi (Reflection), dan penilaian sebenarnya (Authentic Assessment). Dengan menerapkan portfolio assessment dapat membantu meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa, sebab siswa lebih senang pekerjaannya dinilai secara keseluruhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan, aktivitas siswa dan aktivitas kelompok serta peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Jenggawah selama pembelajaran kontekstual dengan portfolio assessment. Penelitian ini dilakukan di kelas IX A SMP Negeri 2 Jenggawah pada tanggal 28 Agustus sampai 8 September 2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus yakni siklus I dan siklus II. Penelitian pada siklus I sudah mencapai hasil yang maksimal yaitu rata-rata nilai portofolio kelas yaitu sebesar 80,69. Revisi perencanaan dan tindakan dilakukan dengan memberikan lebih banyak motivasi dan bimbingan kepada siswa yang kurang aktif, agar terjadi peningkatan keaktivan dan peningkatan hasil belajar pada siklus II. Nilai portofolio kelas yang diperoleh pada siklus II sebesar 83,49 yang mengalami peningkatan sebesar 2,8 poin dari siklus I. Pelaksanaan pembelajaran, keaktivan siswa secara individu maupun kelompok meningkat dibandingkan siklus sebelumnya namun ada penurunan pada nilai afektif siswa pada siklus 2 dibandingkan siklus 1 sebesar 14,99. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dengan menerapkan portfolio assessment ini dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Jenggawah pada pembelajaran sub pokok bahasan tabung dan kerucut.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15842
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository