• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Hubungan Dukungan Keluarga dengan Pencapaian Tugas Perkembangan Anak Retardasi Mental Berat di Sekolah Luar Biasa YPAC Kaliwates – Jember

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub (63)bb_1.pdf (538.9Kb)
    Date
    2014-01-17
    Author
    Ikfi Khasbiya Habibi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Retardasi mental merupakan gangguan yang ditandai oleh fungsi intelektual yang secara signifikan di bawah rata-rata yang bermula sebelum usia 18 tahun disertai penurunan fungsi adaptif. Keterlambatan penanganan yang mengakibatkan penderita retardasi mental menjadi sulit untuk ditangani. Sejauh ini penanganan untuk mencapai tugas perkembangan retardasi mental masih dititikberatkan ke lembaga atau sekolah. Dukungan keluarga penting untuk tahap perkembangan anak retardasi mental untuk meningkatkan fungsi adaptif individu, membantunya mandiri (mencapai tugas perkembangannya), keterampilan bermasyarakat yang baik, dan meningkatkan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan pencapaian tugas perkembangan anak retardasi mental berat di Sekolah Luar Biasa Yayasan Pendidikan Anak Cacat (SLB YPAC) Kaliwates - Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SLB YPAC Kaliwates-Jember. Analisis yang digunakan adalah uji korelasi rank spearman. Pada hasil diperoleh nilai p adalah 0,0005. Berdasarkan hasil uji dengan melihat nilai significancy didapatkan nilai p<α (0,0005<0,05) yang berarti H ditolak yaitu terdapat hubungan dukungan keluarga dengan pencapaian tugas perkembangan anak retardasi mental berat di SLB YPAC Kaliwates – Jember. Nilai korelasi Spearman (r) penelitian ini sebesar r = 0,722, yaitu arah korelasi positif dengan kekuatan korelasi kuat. Kesimpulannya bahwa semakin tinggi dukungan keluarga, maka semakin tercapai tugas perkembangan anak retardasi mental berat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15805
    Collections
    • UT-Faculty of Nursing [1597]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository