• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DENGAN PERFORMANCE ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN DAN AKTIVITAS BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA 4 SMA NEGERI 2 TANGGUL TAHUN AJARAN 2009/2010

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (6)xx_1.pdf (125.5Kb)
    Date
    2014-01-17
    Author
    Arifatuddania Purnamasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya di bidang studi fisika. Berdasarkan hasil observasi awal di kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Tanggul 80 % dari total 40 siswa nilainya di bawah SKM (Standar Ketuntasan Minimal). Data kelas dari 40 siswa, terdapat 80 % siswa yang mendapatkan skor antara 50 - 75 dan hanya terdapat 20 % siswa yang mendapatkan skor di atas 75. Selain hasil belajar yang rendah, aktivitas belajar siswa juga rendah. Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa diperlukan suatu model pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran fisika. Salah satu model yang relevan dan bentuk penilaian yang bisa diterapkan dalam pembelajaran fisika adalah model Learning Cycle dengan Performance Assessment. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian tentang pembelajaran, dengan tujuan sebagai berikut: (1) Mengkaji peningkatan aktivitas belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran learning cycle dengan performance assessment pada siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Tanggul tahun ajaran 2009/2010; (2) Mengkaji peningkatan ketuntasan belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran learning cycle dengan performance assessment pada siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Tanggul tahun ajaran 2009/2010. . Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Tanggul yang didasarkan pada permasalahan proses belajar mengajar yang terjadi, yaitu rendahnya aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah “penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research)”. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu mendeskripsikan secara kualitatif maupun kuantitatif data: (1) hasil penelitian; (2) aktivitas belajar untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa antara pembelajaran pada siklus I dan siklus II; (3) ketuntasan hasil belajar untuk mengetahui peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa antara pembelajaran pada siklus I dan siklus II. Data hasil observasi menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar siswa sebelum dilaksanakan tindakan mencapai 46,25%, sedangkan aktivitas belajar siswa sesudah dilaksanakan tindakan pada siklus I telah mengalami peningkatan yaitu ditunjukkan dengan besarnya persentase secara klasikal aktivitas belajar siswa mencapai 82,25%. Pada siklus II aktivitas belajar juga mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan besarnya persentase secara klasikal aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 82,75%. Jadi dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklus II secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelum adanya perlakuan. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebelum adanya perlakuan adalah sebesar 20%, pada pembelajaran siklus I sebesar 77,5 % dan pada siklus II sebesar 82,5 %. Jadi dapat disimpulkan bahwa ketuntasan belajar siswa pada siklus I dan siklus II secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelum adanya perlakuan. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) model learning cycle dengan performance assessment dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran fisika pada pokok bahasan thermodinamika kelas XI IPA 4 di SMA Negeri 2 Tanggul, (2) model learning cycle dengan performance assessment dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika pada pokok bahasan kalor kelas XI IPA 4 di SMA Negeri 2 Tanggul.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15795
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15316]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository