ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN IMPULSIF PADA INDOMARET DI LINGKUNGAN TEGAL BOTO KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Penelitian dengan judul “Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Impulsif Pada Indomaret Di Lingkungan
Tegal Boto Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember” mempunyai tujuan untuk
mengetahui pengaruh faktor display produk, pramuniaga, suasana lingkungan toko,
ketidaktersediaan produk, dan program promosi terhadap keputusan konsumen dalam
melakukan pembelian impulsif dan mengetahui faktor yang paling dominan diantara
faktor-faktor tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode
survey dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Metode
analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Obyek penelitian pada
Indomaret di Lingkungan Tegal Boto Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember.
Hasil uji determinasi R
2
menunjukkan bahwa faktor-faktor yang diteliti dalam
model memberikan kontribusi sebesar 51,6% terhadap keputusan pembelian impulsif
sedangkan sisanya 48,4% dipengaruhi faktor-faktor lain di luar model.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor display produk, suasana
lingkungan toko, ketidaktersediaan produk, dan program promosi berpengaruh
signifikan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian impulsif.
Sedangkan faktor pramuniaga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan
konsumen dalam melakukan pembelian impulsif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor ketidaktersediaan produk
berpengaruh paling dominan diantara faktor-faktor yang diteliti dalam model.
Akhirnya penelitian ini diharapkan berguna bagi berbagai pihak dan masih
diperlukannya penyempurnaan kearah yang lebih baik lagi.