PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN ENERGI BUNYI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GEBANG 03 TAHUN AJARAN 2010/2011
Abstract
Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Pokok Bahasan Energi Bunyi Melalui
Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Pada Siswa Kelas IV SD
Negeri Gebang 03 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011; Jurlianti,
070210204054; 2011; 60 halaman; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Melalui model pembelajaran cooperative learning dapat membuat siswa
aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek
yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep dialami sendiri
oleh siswa berdasarkan pengetahuan awal
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model
Pembelajaran cooperatif learning tipe STAD yang dapat meningkatkan hasil belajar
siswa, bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar pokok bahasan energi bunyi siswa
melalui penerapan model pembelajaran cooperatif learning tipe STAD, dan
bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sumber energi
bunyi setelah penerapan model dalam pembelajaran cooperative laerning tipe
STAD.
Adapun tujuan penelitian ini adalah peningkatan aktivitas dan hasil belajar
IPA melalui model pembelajaran cooperative learning tipe STAD pokok bahasan
sumber energi bunyi yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa,
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Gebang 03 Jember pada semester genap.
Subjek penelitian yang diambil yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri Gebang 03
Jember tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes,
metode wawancara, dan metode dokumentasi, sedangkan data yang dikumpulkan
adalah berupa aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran, hasil tes, hasil
wawancara, dan dokumen-dokumen lainnya yang mendukung penelitian.
Dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran cooperative
learning tipe STAD untuk menemukan konsep sumber energi bunyi terlihat adanya
peningkatan aktivitas belajar siswa dari yang hanya mencapai 22,5% pada observasi
awal, meningkat menjadi 47,5% pada siklus 1. Persentase aktivitas siswa ini naik
mengalami peningkatan menjadi 90% pada siklus 2 seiring dengan perbaikan
pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Demikian juga dengan hasil belajar siswa
yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil tes akhir pada siklus 1 dan siklus 2. Pada
siklus 1 kegiatan tes akhir ketuntasan klasikal yaitu sebesar 47,5% dan pada siklus 2
kegiatan tes akhir ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu sebesar 100%.
Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa siklus 1 dan siklus 2 mengalami suatu
peningkatan sebesar 52,5%. Pada siklus 1 ketuntasan belajar siswa secara klasikal
belum tercapai maka pembelajaran dilanjutkan pada siklus 2. Setelah siklus 2
dilaksanakan, ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah mencapai minimal 65%
sehingga penelitian hanya dilakukan sebanyak 2 siklus.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model cooperative learning
tipe STAD untuk menemukan konsep sumber energi bunyi berjalan dengan baik dan
mendapat respon positif dari siswa maupun guru Ipa kelas IV SD Negeri Gebang 03
Jember. Pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning
tipe STAD juga dapat membuat siswa aktif dan antusias dalam pembelajaran.
Aktivitas siswa dalam pembelajaran sangat meningkat dan mencerminkan model
pembelajaran cooperative learning tipe STAD. Persentase hasil belajar siswa secara
klasikal dengan penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD juga
mengalami peningkatan dari ulangan harian dan tes akhir yaitu dari yang hanya
sebesar 47,5% menjadi 100%.
http://