Show simple item record

dc.contributor.authorRINA AZIZAH
dc.date.accessioned2014-01-17T02:39:44Z
dc.date.available2014-01-17T02:39:44Z
dc.date.issued2014-01-17
dc.identifier.nimNIM070210191163
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15772
dc.description.abstractDalam suatu pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika guru dan siswa dituntut aktif dalam proses pembelajaran. Terutama siswa yang belajar harus lebih aktif menggali informasi sendiri dan tidak hanya menunggu apa yang diberikan guru. Berdasarkan observasi dan wawancara terhadap guru bidang studi matematika SMP Negeri 1 Bangsalsari diperoleh informasi bahwa dalam pembelajaran guru menggunakan ceramah sehingga siswa hanya diam mendengarkan dan kurang aktif dalam pembelajaran. Kurangnya siswa dilibatkan atau aktif dalam pembelajaran menyebabkan ketuntasan belajar siswa juga masih kurang. Dalam suatu proses pembelajaran siswa diharapkan aktif agar pembelajaran tidak berjalan satu arah yaitu hanya guru saja yang aktif. strategi yang dapat membantu siswa untuk aktif dalam pembelajaran sehingga lebih memahami dan mengingat materi yang siswa pelajari yang dilaksanakan dengan enam langkah yaitu strategi PQ4R (preview, question, read, recite, reflect, review). Dalam proses belajar, Gagne menggambarkan komponen-komponen belajar sebagai S - R. S adalah situasi yang memberi stimulus yang dilakukan oleh guru, R adalah respons atas stimulus itu yang dilakukan oleh siswa sehingga siswa juga dituntut untuk aktif dalam pembelajaran, dan garis diantaranya adalah hubungan di antara stimulus dan respon yang terjadi dalam diri seseorang yang tidak dapat kita amati, yang bertalian dengan sistem alat saraf di mana terjadi transformasi perangsang yang diterima melalui alat indra. Dalam pembelajaran dengan menggunakan PQ4R dengan teori belajar Gagne siswa diharuskan aktif membaca bacaan yang diberikan untuk mengenal lebih dalam materi yang akan diberikan, mengisi lembar panduan yang berisi membuat dan menjawab pertanyaan agar materi tersebut lebih melekat pada ingatan siswa, diskusi kelompok, mengerjakan LKS, presentasi kelompok, presentasi individu, bertanya, dan menjawab pertanyaan. Pembelajaran dengan menggunakan PQ4R dengan teori belajar Gagne diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Bangsalsari berjumlah 36 siswa dengan pertimbangan terdapatnya kemampuan siswa yang heterogen, yaitu memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Pendekatan yang diambil dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan ini berupa penjelasan tentang penerapan PQ4R dengan teori belajar Gagne melalui penilaian aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dan ketuntasan belajar siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini mengadopsi model skema Hopkins yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, tes dan wawancara. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan ketuntasan belajar siswa. Dari hasil analisis data bahwa penerapan PQ4R dengan teori belajar Gagne pada materi luas permukaan dan volume kubus dan balok berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat pada uraian kegiatan-kegiatan pembelajaran. Fase motivasi guru selalu berusaha untuk memberikan motivasi agar siswa antusias dan lebih aktif dalam belajar. Fase pengenalan yaitu membaca selintas dengan cepat (preview) dan membuat pertanyaan (question), siswa antusias sekali pada fase ini sehingga fase ini tidak dilakukan lagi pada siklus 2. Fase perolehan yaitu siswa membaca dengan seksama (read) yang selanjutnya siswa diskusi kelompok (recite) untuk menemukan kembali rumus yang dilakukan pada siklus 1 dan pada siklus 2 lebih ditekankan pada soal aplikasi. Fase retensi yaitu kegiatan pemahaman materi yang terulang setelah siswa membaca dan mengerjakan LKS, kegiatan ini pada siklus 1 terkendala waktu dan pada siklus 2 sudah tidak lagi terkendala waktu. Fase recall pada saat presentasi kelompok dan siswa yang lain juga merespon dengan tanya jawab (recite). Fase generalisasi dimana siswa diberikan soal permasalahan yang pada siklus 1 masih kurang mengarah pada soal aplikasi, pada siklus 2 siswa banyak diberikan soal aplikasi karena siswa masih banyak mengalami kesulitan pada saat diberikan soal aplikasi. Fase penampilan yaitu pada awalnya siswa masih malu dan takut untuk presentasi sendiri, dengan berjalannya waktu siswa banyak yang berebut untuk mempresentasikan hasil pekerjannya dan mendapatkan point dari guru. Fase umpan balik guru memberikan komentar pada hasil presentasi individu siswa selanjutnya guru memberikan stimulus kepada siswa untuk membuat kesimpulan (review) dengan menggunakan bahasa siswa sendiri. Pembelajaran dengan menggunakan PQ4R dengan teori belajar Gagne seperti uraian kegiatan diatas terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan persentase aktivitas siswa secara klasikal dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu pada pertemuan 1 sebesar 69%; pada pertemuan 2 sebesar 75,4%; pada pertemuan 3 sebesar 84%; pada pertemuan 4 sebesar 86,3% dan siklus 2 yaitu sebesar 84,4%. Siklus 2 dilaksanakan untuk memberikan perbaikan/pemantapan pada tahap yang dirasa masih kurang. Ketuntasan hasil belajar siswa pada penelitian ini pada siklus 1 sebesar 69,44% dan mengalami peningkatan pada siklus 2 yaitu mencapai 88,89%. Dari hasil analisis dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan PQ4R dengan teori belajar Gagne dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi luas permukaan dan volume kubus dan balok.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210191163;
dc.subjectTEORI BELAJAR GAGNE, MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWAen_US
dc.titlePENERAPAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, RECITE, REFLECT, REVIEW) DENGAN TEORI BELAJAR GAGNE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME KUBUS DAN BALOK KELAS VIIIA SMP NEGERI 1 BANGSALSARI SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record