PENGARUH DIMENSI KARAKTERISTIK SELEBRITI SEBAGAI MODEL IKLAN TERHADAP KESADARAN MEREK MINYAK ANGIN FRESHCARE PADA PEMIRSA TELEVISI DI JEMBER KOTA (Studi di Kecamatan Kaliwates, Sumbersari, dan Patrang)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Dimensi Karakteristik Selebriti sebagai
Model Iklan terhadap Kesadaran Merek Minyak Angin FreshCare pada Pemirsa
Televisi di Jember Kota (Studi di Kecamatan Kaliwates, Sumbersari, dan
Patrang)”. Populasi dalam penelitian ini adalah pemirsa televisi di Jember Kota
(Kecamatan Kaliwates, Sumbersari, dan Patrang) yang pernah melihat tayangan
iklan minyak angin FreshCare yang dibintangi oleh Agnes Monica di televisi
swasta (RCTI, Indosiar, SCTV, Trans TV, dan Trans7). Teknik pengambilan
sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik purposive sampling dan
metode pengalokasian sampel dengan menggunakan metode proporsional
sampling. Jumlah sampel yang diambil adalah 100 responden. Metode analisis
yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Adapun variabel dimensi karakteristik selebriti yang mempengaruhi
kesadaran merek minyak angin FreshCare adalah keahlian, dapat dipercaya, dan
daya tarik. Berdasarkan analisis data, variabel keahlian mempengaruhi kesadaran
merek sebesar 0,455, variabel dapat dipercaya sebesar 0,321, dan variabel daya
tarik sebesar 0,223. Secara simultan pengaruh variabel dimensi karakteristik
selebriti mempengaruhi sebesar 44,1%. Sedangkan sisanya sebesar 55,9%
dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam
model penelitian ini serta variabel dimensi karakteristik selebriti yang paling
dominan adalah keahlian. Berdasarkan analisis di atas maka perusahaan dapat
meningkatkan daya tarik selebriti sebagai model iklan agar meningkatkan
kesadaran merek mingak angin FreshCare pada pemirsa televisi di Jember Kota
(Kecamatan Klaiwates, Sumbersari, dan Patrang)