PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENCERITAKAN KEMBALI CERITA ANAK MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS IIB SDN AJUNG 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Pembelajaran Bahasa
Indonesia di sekolah mempunyai peranan penting baik di lingkungan sekolah maupun
luar sekolah terutama pada aspek berbicara. Pembelajaran pada aspek berbicara
diantaranya bermanfaat untuk melatih keterampilan siswa dalam berbicara.
Rendahnya nilai hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia
khususnya pada aspek berbicara kelas IIB SDN Ajung 01 Jember disebabkan oleh
beberapa faktor antara lain; metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih
kurang bervariasi dan bersifat klasikal, penggunaan alat peraga/media jarang sekali
digunakan, dan strategi pembelajarannya tidak disesuaikan dengan materi yang akan
diajarkan. Untuk itu pada pembelajaran Bahasa Indonesia aspek berbicara/bercerita di
kelas 2 perlu adanya media demi membantu tercapainya tujuan pembelajaran.
Media audio visual merupakan salah satu alternatif media untuk melatih
keterampilan bercerita, karena media audio visual adalah media yang sangat
menyenangkan dan menarik perhatian siswa untuk termotivasi belajar sehingga
menigkatkan hasil belajar siswa.