• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pemilihan Jurusan dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK PGRI 05 Jember Tahun Ajaran 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub (40)bb_1.pdf (713.0Kb)
    Date
    2014-01-17
    Author
    Ike Fitrianingrum
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pemilihan jurusan yang dipilih siswa serta motivasi belajar sangat diperlukan untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh yang signifikan pemilihan jurusan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK PGRI 05 Jember tahun ajaran 2010/2011?, 2) Manakah diantara variabel pemilihan jurusan dan motivasi belajar yang dominan mempengaruhi hasil belajar siswa kelas X SMK PGRI 05 Jember tahun ajaran 2010/2011?. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pengaruh pemilihan jurusan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK PGRI 05 Jember tahun ajaran 2010/2011, 2) Mengetahui variabel manakah, diantara variabel pengaruh pemilihan jurusan dan motivasi belajar yang dominan mempengaruhi hasil belajar siswa kelas X SMK PGRI 05 Jember tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMK PGRI 05 Jember tahun ajaran 2010/2011 semester genap tahun 2011. Metode penentuan daerah penelitian secara purposive area sedangkan metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proposional random sampling sebanyak 82 siswa. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data skunder dengan metode pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan observasi. Metode analisis data menggunakan uji validitas, analisis regresi linear berganda, varian garis regresi, dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemilihan jurusan dan motivasi belajar mempunyai pengaruh secara parsial terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil uji t dari masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat adalah emilihan jurusan (X 1 )= t hitung = 9,328 > t = 1.990 dengan α= 0,05 > sig= 0,000, dan motivasi belajar (X 2 )= t hitung = 6,634 > t 9 tabel = 1.990 dengan α= 0,05 > sig= 0,000. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel bebas pemilihan jurusan (X 1 ) dan motivasi belajar (X 2 tabel ) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat hasil belajar (Y). Variabel bebas pemilihan jurusan (X ) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK PGRI 05 Jember tahun ajaran 2010/2011.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15723
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15316]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository