Pengaruh Pemilihan Jurusan dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK PGRI 05 Jember Tahun Ajaran 2010/2011
Abstract
Pemilihan jurusan yang dipilih siswa serta motivasi belajar sangat diperlukan
untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Rumusan masalah pada penelitian ini
adalah 1) Adakah pengaruh yang signifikan pemilihan jurusan dan motivasi belajar
terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK PGRI 05 Jember tahun ajaran 2010/2011?,
2) Manakah diantara variabel pemilihan jurusan dan motivasi belajar yang dominan
mempengaruhi hasil belajar siswa kelas X SMK PGRI 05 Jember tahun ajaran
2010/2011?.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pengaruh pemilihan jurusan dan
motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK PGRI 05 Jember tahun
ajaran 2010/2011, 2) Mengetahui variabel manakah, diantara variabel pengaruh
pemilihan jurusan dan motivasi belajar yang dominan mempengaruhi hasil belajar
siswa kelas X SMK PGRI 05 Jember tahun ajaran 2010/2011.
Penelitian ini dilakukan di kelas X SMK PGRI 05 Jember tahun ajaran
2010/2011 semester genap tahun 2011. Metode penentuan daerah penelitian secara
purposive area sedangkan metode pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan proposional random sampling sebanyak 82 siswa. Sumber data dalam
penelitian ini meliputi data primer dan data skunder dengan metode pengumpulan
data menggunakan angket, dokumentasi dan observasi. Metode analisis data
menggunakan uji validitas, analisis regresi linear berganda, varian garis regresi, dan
uji t.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pemilihan jurusan dan motivasi belajar
mempunyai pengaruh secara parsial terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan
dari hasil uji t dari masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat adalah emilihan jurusan (X
1
)= t
hitung
= 9,328 > t
= 1.990 dengan α= 0,05 > sig= 0,000, dan
motivasi belajar (X
2
)= t
hitung
= 6,634 > t
9
tabel
= 1.990 dengan α= 0,05 > sig= 0,000.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel bebas pemilihan jurusan
(X
1
) dan motivasi belajar (X
2
tabel
) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap
variabel terikat hasil belajar (Y). Variabel bebas pemilihan jurusan (X
) mempunyai
pengaruh yang dominan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK PGRI 05 Jember
tahun ajaran 2010/2011.