• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBANDINGAN METODE EVERYONE IS TEACHER HERE DAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI (SISWA KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2012/2013 SMP NEGERI 1 BONDOWOSO)

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub-gdl-nyotoprayu-11223-1-nyotopr-o.pdf (4.207Mb)
    Date
    2014-01-17
    Author
    NYOTO PRAYUGO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perbaikan mutu pendidikan telah banyak dilakukan oleh pemerintah, salah satunya adalah mendirikan sekolah yang berstandar internasional atau dikenal dengan istilah Sekolah Standar Internasional (SBI). SBI atau RSBI telah mulai bermunculan di Indonesia sejak tahun 2007 termasuk di Jawa Timur (Kemdikbud, 2007). SBI bermunculan mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah baik menengah pertama maupun menengah atas. Salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) berstandar Internasional yang ada di wilayah Jawa Timur dan telah memberi kontribusi pada perbaikan mutu pendidikan Indonesia adalah SMP Negeri 1 Bondowoso. Hal ini terbukti dari prestasi yang dapat dicapai antara lain capaian hasil ujian nasional tertinggi se Jawa Timur untuk tahun pelajaran 2011/2012 dicapai oleh Anggi Indah Safitri dari SMPN 1 Bondowoso dengan total NUN 39,80 (Malang-post, 2012). Selain itu salah satu siswa SMPN 1 Bondowoso meraih juara 2 fisika tingkat Indonesia, juara 1 lomba penelitian IPTEK antar siswa akselerasi tingkat propinsi Jawa Timur, juara harapan 1 lomba English Speech antar siswa akselerasi tingkat propinsi Jawa Timur, dan juara harapan 1 lomba cipta menu masakan tingkat propinsi Jawa Timur (SMPN1Bondowoso.net, 2012). Namun seperti sekolah-sekolah lainnya SMP Negeri 1 Bondowoso memiliki kendala dalam pembelajaran pada beberapa mata pelajaran. Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh metode Everyone is Teacher Here terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem pencernaan pada siswa kelas VIII tahun pelajaran 2012/2013 di SMP Negeri 1 Bondowoso. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Everyone is Teacher Here terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem pencernaan pada siswa kelas VIII tahun pelajaran 2012/2013 di SMP Negeri 1 Bondowoso. Adapun waktu penelitian yaitu bulan September tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen. Penentuan daerah penelitian menggunakan Purposive Sampling Area. Penentuan responden penelitian menggunakan uji homogenitas dan diperoleh kelas VIII F sebagai kelas kontrol dan VIII E sebagai kelas eksperimen. Metode Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, dapat ditarik kesimpulan yaitu penggunaan metode everyone is teacher here berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan nilai rerata posttest 81,39 dan probabilitas sebesar 0,04; hasil belajar afektif siswa dengan nilai rerata 75,60 dan probabilitias 0,00; hasil belajar psikomotorik siswa dengan nilai rerata 76,33 dan probabilitas 0,001 pada pokok bahasan Sistem Pencernaan pada siswa kelas VIII tahun Pelajaran 2012/2013 SMP Negeri 1 Bondowoso.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15720
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15316]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository