PERBANDINGAN METODE EVERYONE IS TEACHER HERE DAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI (SISWA KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2012/2013 SMP NEGERI 1 BONDOWOSO)
Abstract
Perbaikan mutu pendidikan telah banyak dilakukan oleh pemerintah, salah
satunya adalah mendirikan sekolah yang berstandar internasional atau dikenal dengan
istilah Sekolah Standar Internasional (SBI). SBI atau RSBI telah mulai bermunculan
di Indonesia sejak tahun 2007 termasuk di Jawa Timur (Kemdikbud, 2007). SBI
bermunculan mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah baik
menengah pertama maupun menengah atas. Salah satu Sekolah Menengah Pertama
(SMP) berstandar Internasional yang ada di wilayah Jawa Timur dan telah memberi
kontribusi pada perbaikan mutu pendidikan Indonesia adalah SMP Negeri 1
Bondowoso. Hal ini terbukti dari prestasi yang dapat dicapai antara lain capaian hasil
ujian nasional tertinggi se Jawa Timur untuk tahun pelajaran 2011/2012 dicapai oleh
Anggi Indah Safitri dari SMPN 1 Bondowoso dengan total NUN 39,80 (Malang-post,
2012). Selain itu salah satu siswa SMPN 1 Bondowoso meraih juara 2 fisika tingkat
Indonesia, juara 1 lomba penelitian IPTEK antar siswa akselerasi tingkat propinsi
Jawa Timur, juara harapan 1 lomba English Speech antar siswa akselerasi tingkat
propinsi Jawa Timur, dan juara harapan 1 lomba cipta menu masakan tingkat propinsi
Jawa Timur (SMPN1Bondowoso.net, 2012). Namun seperti sekolah-sekolah lainnya
SMP Negeri 1 Bondowoso memiliki kendala dalam pembelajaran pada beberapa
mata pelajaran.
Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh metode
Everyone is Teacher Here terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem
pencernaan pada siswa kelas VIII tahun pelajaran 2012/2013 di SMP Negeri 1 Bondowoso. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Everyone is
Teacher Here terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem pencernaan
pada siswa kelas VIII tahun pelajaran 2012/2013 di SMP Negeri 1 Bondowoso.
Adapun waktu penelitian yaitu bulan September tahun pelajaran 2012/2013.
Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen. Penentuan daerah penelitian
menggunakan Purposive Sampling Area. Penentuan responden penelitian
menggunakan uji homogenitas dan diperoleh kelas VIII F sebagai kelas kontrol dan
VIII E sebagai kelas eksperimen. Metode Pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, dokumentasi, tes, dan angket.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, dapat
ditarik kesimpulan yaitu penggunaan metode everyone is teacher here berpengaruh
terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan nilai rerata posttest 81,39 dan
probabilitas sebesar 0,04; hasil belajar afektif siswa dengan nilai rerata 75,60 dan
probabilitias 0,00; hasil belajar psikomotorik siswa dengan nilai rerata 76,33 dan
probabilitas 0,001 pada pokok bahasan Sistem Pencernaan pada siswa kelas VIII
tahun Pelajaran 2012/2013 SMP Negeri 1 Bondowoso.