ANALISIS PENGARUH PRODUCT INVOLVEMENT, MARKET MAVEN, PERCEIVED RISK TERHADAP POST-SWITCHING NEGATIVE WORD OF MOUTH PADA PROVIDER LAMA BERPINDAH KE KARTU AS TELKOMSEL DI KOTA JEMBER
Abstract
Penelitian ini diberi judul Analisis Pengaruh Product Involvement, Market Maven,
Perceived Risk Terhadap Post-Switching Negative Word Of Mouth Pada Provider
Lama Berpindah Ke Kartu As Telkomsel Di Kota Jember yang akan menjelaskan
seberapa besar pengaruh variabel Product involvement, Market Maven dan
Perceived Risk yang mempunyai peran dalam menciptakan ketidakpuasan/
dissatisfaction pelanggan. Secara keseluruhan, variabel ketidakpusan/
dissatisfaction mempunyai peran dalam menciptakan berita negatif kepada
pelanggan yang mengalami berpindah-pindah provider/ Post-switching Negative
word of mouth (PNWOM). Pada penelitian ini menggunakan metode path
Analysis atau yang biasa disebut analisis jalur dengan menggunakan pendekatan
regresi linier berganda, alasan digunakan analisis jalur adalah untuk memudahkan
peneliti untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh langsung, pengaruh tidak
langsung, dan total antar variabel yang bersangkutan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa semua variabel product
involvement, market maven dan perceived risk terhadap dissatisfaction serta
variabel product involvement, market maven dan perceived risk dan
dissatisfaction terbukti signifikan.
Kata Kunci : Product involvement, Market maven, perceived risk,
dissatisfaction, Post-switching Negative Word of Mouth