• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PE NERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF GAMES TOURNAMENTS NERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL GAMES TOURNAMENTS (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN DALIL PYTHAGORAS SISWA KELAS VIII HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN DALIL PYTHAGORAS SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 5 TANGGUL SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN SMP NEGERI 5 TANGGUL GANJIL TAHUN PELAJARAN 2009/ 2010

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (22)xx_1.pdf (451.9Kb)
    Date
    2014-01-17
    Author
    RIMA ULFIA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika sebagai salah satu ilmu dasar telah berkembang pesat, baik materi maupun kegunaannya. Hal ini ditandai dengan berbagai upaya pembaharuan dan penyempurnaan terhadap kurikulum matematika. Namun, di masyarakat khususnya siswa mayoritas berpendapat dan beranggapan bahwa matematika adalah bidang studi yang sulit karena berhubungan dengan rumus dan angka. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa rendah dan siswa lebih berorientasi pada guru, sehingga mereka malas untuk memahami dan menemukan sendiri konsep dengan benar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan dalil Pythagoras. Kooperatif model Teams Games Tournaments (TGT) adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang mudah dilaksanakan karena tidak memerlukan ruangan dan peralatan khusus. Pada model pembelajaran ini siswa dibawa pada permainan yang menyenangkan dan membangun. Selanjutnya siswa bermain dalam turnamen yang menantang untuk dapat mengumpulkan poin tertinggi dalam kelompoknya. Kelompok yang tertinggi akan mendapat penghargaan (Slavin, 2009:146). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan adalah adaptasi model skema Hopkins yaitu rancangan penelitian yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 5 Tanggul yang berjumlah 43 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode tes. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisis meliputi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah persentase aktivitas guru pada pertemuan I sebesar 79,17%, pada pertemuan II sebesar 83,33%, pada pertemuan III sebesar 87,5%, dan pada pertemuan IV sebesar 90,47%. Berdasarkan data tersebut aktivitas guru setiap pertemuannya mengalami peningkatan. Sedangkan persentase aktivitas siswa pada pertemuan I sebesar 78,68%, pada pertemuan II sebesar 79,76%, pada pertemuan III sebesar 81,79%, dan pada pertemuan IV sebesar 79,07%. Persentase aktivitas siswa pada pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga mengalami peningkatan. Hal ini disebabkan mereka mulai terbiasa dengan kelompoknya dan merasa sama kemampuannya dengan yang lain. Tetapi pada pertemuan keempat persentase aktivitas siswa mengalami penurunan. Hal ini disebabkan pada pertemuan keempat aktivitas siswa yang dinilai berbeda dengan aktivitas siswa pada pertemuan sebelumnya. Perbedaan aktivitas siswa pada pertemuan I,II,III dengan pertemuan IV adalah aktivitas siswa pada pertemuan I,II,III yang dinilai adalah aktivitas pada saat pembelajaran, sedangkan pertemuan IV yang dinilai adalah aktivitas siswa pada saat turnamen. Berdasarkan data tersebut, maka aktivitas siswa pada saat pembelajaran berlangsung secara klasikal sebesar 80,02%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada pokok bahasan dalil Pythagoras secara klasikal sebesar 86,05% dan persentase siswa yang tidak tuntas sebesar 13,95%. Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan adalah penerapan pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) mulai guru membuka pelajaran sampai menutup pelajaran sudah dapat berjalan dengan baik dan lancar, dan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15707
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15316]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository