PENGARUH BAURAN PEMASARAN DALAM PEMBELIAN ULANG SERTA DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN TEH KOTAK MELATI ULTRAJAYA DI KOTA JEMBER
Abstract
Persaingan dalam industri teh kemasan saat ini berubah sangat cepat.
Kondisi tersebut berhadapan pula dengan industri sejenis dengan tingkat
persaingan yang semakin tajam dipasar domestik maupun internasional. Masingmasing
industri teh berlomba untuk menarik pelanggan. Salah satu perusahaan
dalam bidang pengadaan teh adalah PT Ultrajaya,Tbk saat ini merupakan salah
satu perusahaan terbesar di Indonesia yang menghasilkan produk-produk teh
dalam kemasan aseptik yang tahan lama. Teh Kotak Ultrajaya adalah salah satu
produk yang menjadi kebanggan sebab Teh Kotak Ultrajaya mengandung semua
gizi penting yang dibutuhkan bagi semua kalangan dan Teh Kotak Ultrajaya
adalah pioner teh dalam kemasan aseptik dan melalui teknologi UHT (Ultra High
Temperature).
Populasi dari penelitian ini adalah pelanggan Teh Kotak Melati Ultrajaya
di Jember. Sampel yang dipilih sebanyak 120 responden yang tersebar di tiga
kecamatan, yaitu kecamatan Patrang, Sumbersari dan Kaliwates. Tehnik
penentuan pengambilan sampelnya adalah dengan purposive sampling. Metode
analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil dari
penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel berpengaruh langsung dan
signifikan. Bauran pemasaran berpengaruh terhadap pembelian ulang, bauran
pemasaran berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dan pembelian ulang
berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Dari ketiga variabel tersebut pembelian
ulang yang berpengaruh paling besar terhadap loyalitas pelanggan. Hasil tersebut
dapat dilihat dalam pengujian koefisien jalur.