Show simple item record

dc.contributor.authorNurul Vita Candra Dewi
dc.date.accessioned2014-01-16T13:24:29Z
dc.date.available2014-01-16T13:24:29Z
dc.date.issued2014-01-16
dc.identifier.nimNIM070910201126
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15506
dc.description.abstractKemiskinan merupakan masalah utama bagi suatu Negara. Kemiskinan juga merupakan penghambat utama dalam pembangunan suatu Negara. Dengan adanya Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang berkembang akan membantu untuk mengatasi masalah kemiskinan. Permasalahan kemiskinan ini membutuhkan penanganan dari berbagai pihak, baik dari pemerintah maupun dunia usaha. Melalui Undang – undang No 40 tahun 2007 tentang perseroan terbatas yang mewajibkan setiap perusahaan untuk melaksanakan tanggung jawab sosial kepada masyarakat atau corporate social responsibility (CSR) dan Undang – Undang No 25 tahun 2007 tentang penanaman modal ( UU PM), maka perusahaan diharapkan mampu mambantu permasalah yang ada dalam masyarakat. Kementerian badan usaha milik Negara (BUMN) sebagai Pembina seluruh BUMN, juga merespon adanya peningkatan partisipasi BUMN terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan mengeluarkan Keputusan Menteri BUMN Nomor : Kep-236 / MBU / 2003 junto PER-05/MBU/2007 tanggal 27 April 2007 tentang program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL). Dimana dalam keputusan menteri tersebut dikatakan bahwa program Corporate Social Responsibility (CSR) milik BUMN adalah program kemitraan dan bina lingkungan yang dananya diambil dari 2% keuntungan bersih BUMN tersebut setiap tahunnya. Dalam penelitian ini peneliti mengambil program kemitraan di PT. PLN (Persero) APJ Banyuwangi. pada dasarnya demi tercapainya tujuan pembangunan, maka perlu dilakukan evaluasi terhadap pelaksaan program agar pembangunan dapat terlaksanakan sesuai dengan tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi Program Kemitraan PT. PLN (Persero) APJ Banyuwangi dengan usaha kecil mitra binaan tahun 2010 di Kabupaten Banyuwangi. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif, datanya berupa data deskriptif yang menggunakan sumber data primer sebagai data utama dan data sekunder sebagai data pendukung dan pelengkap . Analisis data yang digunakan adalah metode analisis interaktif. Hasil Penelitian ini, dari pengamatan penulis dan hasil wawancara dengan para responden dilapangan, maka dapat di ketahui bahwa pelaksanaan program kemitraan PT. PLN (Persero) APJ Banyuwangi dapat dikatakan efektif. Hasil ini sesuai dengan hasil wawancara dengan para informan yang ada dengan menggunakan kriteria-kriteria evaluasi yaitu efektivitas, efisiensi, kecukupan, pemerataan atau kesamaan, responsivitas dan kelayakan atau ketepatan. Dari keenam kriteria tersebut tiga kriteria yang sudah tercapai,yaitu Efektivitas, Responsivitas dan kelayakan atau ketepatan, serta tujuan dari program kemitraan tersebut yaitu meningkatkan taraf hidup mitra binaan dan memperluas lapangan kerja sudah tercapai karena dari indikator angka harapan hidup, angka melek huruf dan rata-rata lama sekolah serta daya beli, dua indikator telah tercapai, antara lain: angka melek huruf dan rata-rata lama sekolah serta daya beli.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070910201126;
dc.subjectPROGRAM KEMITRAAN PT. PLN (PERSERO)en_US
dc.titleEVALUASI PROGRAM KEMITRAAN PT. PLN (PERSERO) AREA PELAYANAN DAN JARINGAN(APJ) BANYUWANGI DENGAN USAHA KECIL MITRA BINAAN TAHUN 2010 DI KABUPATEN BANYUWANGIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record