dc.description.abstract | Fakta yang terjadi di lapangan, mayoritas siswa Sekolah Dasar kurang
termotivasi untuk mengikuti pelajaran IPS. Hal ini selain pembelajaran IPS disajikan
dalam bentuk pembelajaran yang konvensional dan kurang melibatkan siswa dalam
kegiatan belajar mengajar sehingga siswa cenderung pasif selama pembelajaran.
Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization
pada mata pelajaran IPS pokok bahasan bentuk peninggalan sejarah.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa
dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Tempurejo 01 Jember tahun
pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 20 siswa, 12 orang laki -laki, 8 orang
perempuan. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasidan tes. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan
kuantitatif.
Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 28 Nopember 2011 sampai 7
Desember 2011 dengan subyek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Tempurejo 01.
Data yang dikumpulkan berupa motivasi siswa, dan hasil belajar siswa. Dari hasil
pengamatan diperoleh persentase motivasi siswa pada siklus I adalah 66,2% dan
Siklus II sebesar 76,6%. Berdasarkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I
sebesar 75% dan Siklus II sebesar 85%. Berdasarkan analisa hasil belajar pada siklus
I dan siklus II menunjukkan bahwa kelas IV telah mengalami peningkatan motivasi
dan hasil belajar IPS.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah model Pembelajaran kooperatif tipe
Team Assisted Individualization
Saran yang diberikan peneliti adalah agar dalam pelaksanaan pembelajaran
kooperatif Tipe Team Assisted Individualization lanjut. | en_US |