Show simple item record

dc.contributor.authorMohamad Sugiarto
dc.date.accessioned2014-01-16T11:52:58Z
dc.date.available2014-01-16T11:52:58Z
dc.date.issued2014-01-16
dc.identifier.nimNIM090210204148
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15474
dc.description.abstractFakta yang terjadi di lapangan, mayoritas siswa Sekolah Dasar kurang termotivasi untuk mengikuti pelajaran IPS. Hal ini selain pembelajaran IPS disajikan dalam bentuk pembelajaran yang konvensional dan kurang melibatkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar sehingga siswa cenderung pasif selama pembelajaran. Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization pada mata pelajaran IPS pokok bahasan bentuk peninggalan sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Tempurejo 01 Jember tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 20 siswa, 12 orang laki -laki, 8 orang perempuan. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasidan tes. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 28 Nopember 2011 sampai 7 Desember 2011 dengan subyek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Tempurejo 01. Data yang dikumpulkan berupa motivasi siswa, dan hasil belajar siswa. Dari hasil pengamatan diperoleh persentase motivasi siswa pada siklus I adalah 66,2% dan Siklus II sebesar 76,6%. Berdasarkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 75% dan Siklus II sebesar 85%. Berdasarkan analisa hasil belajar pada siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa kelas IV telah mengalami peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model Pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization Saran yang diberikan peneliti adalah agar dalam pelaksanaan pembelajaran kooperatif Tipe Team Assisted Individualization lanjut.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204148;
dc.subjectBENTUK PENINGGALAN SEJARAH MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMen_US
dc.titlePENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN BENTUK PENINGGALAN SEJARAH MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM SSISTED INDIVIDUALIZATION SD NEGERI TEMPUREJO 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record