ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN KARTU SIMPATI TERHADAP KUALITAS LAYANAN JASA PT.TELKOMSEL GRAPARI JEMBER
Abstract
Konsekuensi memenangkan persaingan dalam bisnis jasa adalah kesiapan
perusahaan dalam hal perbaikan terus-menerus terhadap kualitas jasa, sehingga
konsumen akan selalu terpuaskan dan pada gilirannya akan menciptakan loyalitas
pelanggan. Jika kinerja kualitas jasa perusahaan baik, konsumen merasa puas dan
kemungkinan besar perusahaan menang dalam persaingan, dan sebaliknya jika
kualitas pelayanan jelek, maka konsumen tidak akan merasa puas dan justru akan
mempengaruhi citra perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat
kepuasan pelanggan Kartu simPATI terhadap kualitas jasa layanan PT.Telkomsel
GraPARI Jember.
Populasi penelitian ini adalah seluruh pelanggan kartu SimPATI di
GraPARI Jember pada tahun 2011 sebanyak 1.500 pelanggan. Jumlah sampel
adalah 100 orang. Metode analisis data yang digunakan uji validitas, uji
reliabilitas dan service quality
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan Kartu
simPATI terhadap kualitas jasa layanan PT.Telkomsel GraPARI Jember secara
keseluruhan masih belum tercapai. Hal ini dapat dibuktikan dengan diperolehnya
kesenjangan yang negatif pada semua dimensi jasa yang digunakan