• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN TEORI GAGNE DENGAN PENDEKATAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT PADA KELAS VII SMP NEGERI 3 BALUNG JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    M Fuadi Farhan.pdf (331.6Kb)
    Date
    2013-10-31
    Author
    Farhan, M Fuadi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    merupakan pembelajaran dengan 8 fase yaitu; (i) fase Motivasi yang berfungsi untuk memberikan motivasi-motivasi kepada siswa supaya lebih giat dalam proses belajar, (ii) fase pengenalan yang berfungsi untuk menggali pengetahuan awal siswa sebelum pembelajaran dimulai, (iii) fase perolehan yaitu siswa diminta untuk mendiskusikan materi untuk menemukan konsep sendiri, (iv) fase retensi yaitu siswa diberikan latihan soal dan diarahkan untuk belajar memecahkan permasalahan, (v) fase pemanggilan yaitu memberikan pembahasan tentang diskusi yang telah dilakukan oleh siswa, (vi) fase generalisasi yaitu siswa diminta untuk menyimpulkan materi yang telah didiskusikan selama proses pembelajaran, (vii) fase penampilan yaitu siswa dapat menjawab permasalahan yang diberikan, (viii) fase umpan balik yang berfungsi untuk memberikan balikan kepada siswa tentang penampilan siswa. Hasil belajar siswa berdasarkan teori Gagne meliputi kemampuan informasi verbal, ketrampilan intelektual, strategi kognitif, sikap dan ketrampilan motorik. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Balung Jember tahun ajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah : (1) observasi; (2) wawancara; (3) tes; dan (4) dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan dua siklus. Analisa data yang digunakan terdiri dari : (1) analisa deskriptif kualitatif berupa data hasil observasi aktivitas siswa dan guru; (2) analisa deskriptif kuantitatif berupa data skor dari LKS, tes akhir dan data numerik dari observasi aktivitas siswa. Hasil pembelajaran berdasarkan teori Gagne dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu diperoleh: kemampuan informasi verbal meningkat 3,49% dari 71,11% menjadi 74,60%. Kemampuan intelektual siswa meningkat 8,85% dari 63,32% menjadi 72,17%. Strategi kognitif siswa meningkat 11,35% dari 66,34% menjadi 77,69%. Sikap siswa meningkat 3,1% dari 80,71% menjadi 83,81%. Ketrampilan motorik siswa tidak mengalami peningkatan yaitu tetap pada 72,86%. Hasil rata-rata nilai siswa pada siklus 1 meningkat pada siklus 2 sebesar 7,06 dari 68,48 pada siklus 1 menjadi 75,54 pada siklus 2. Sedangkan berdasarkan ketuntasan secara klasikal juga meningkat dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu sebesar 11,43% dari 71,42% menjadi 82,85%. sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil dari pelaksanaan siklus II lebih baik dari pada hasil dari siklus I ditinjau dari nilai rata-rata kelas dan ketuntasan siswa secara klasikal. Secara keseluruhan ditinjau dari persentase aktivitas siswa dan guru, pembelajaran berdasarkan teori Gagne dengan pendekatan SAVI telah dilaksanakan dengan baik dan lancar walaupun masih terdapat kekurangan dalam penerapannya. Penelitian ini juga dikategorikan berhasil ditinjau dari ketuntasan belajar siswa dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1543
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15404]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository