PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN STRATEGI BELAJAR MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN FAKTORISASI SUKU ALJABAR KELAS VIII DI SMP NEGERI 12 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran
menggunakan strategi belajar MURDER, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil
belajar siswa dengan pembelajaran menggunakan strategi belajar MURDER pada
pokok bahasan faktorisasi suku aljabar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas
VIII A SMP Negeri 12 jember semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012. Strategi
belajar MURDER merupakan singkatan dari mood(suasana hati),
understand(pemahaman),recall(pengulangan),digest(penelaahan),expand(pengemba
ngan), review(pelajari kembali).
Pengambilan data dimulai pada tanggal 13 Juli 2011 sampai dengan 17
Agustus 2011. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment. Model skema yang
digunakan adalah model skema penelitian tindakan Hopkins. Metode pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, tes
dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran menggunakan
strategi belajar MURDER pada pokok bahasan faktorisasi suku aljabar kelas VIII
SMP Negeri 12 Jember semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 berjalan sesuai
dengan langkah – langkah MURDER. Tetapi dalam pelaksanaannya belum berjalan
dengan baik, karena ada satu langkah pembelajaran tidak berjalan sesuai yang
diharapkan yaitu langkah keenam(review). Langkah keenam(review) dalam
pelaksanaannya, guru sebaiknya sudah mengerti bagaimana pemahaman siswa pada
materi yang dipelajari. Oleh karena itu, setelah langkah review seharusnya perlu ada
pembahasan hasil pekerjaan siswa, agar guru mengerti siapa saja siswa yang belum
memahami materi. Keaktivan siswa semakin meningkat dari pembelajaran 1 hingga
pembelajaran 4. Sedangkan untuk ketuntasan hasil belajar siswa siklus I, secara
klasikal sebesar 76,19% dan semakin meningkat di siklus II menjadi 88,1%. Hal ini
dikarenakan siswa memiliki kemampuan belajar secara mandiri. Sehingga terlihat
bahwa keberhasilan siswa tergantung pada kemampuannya untuk belajar secara
mandiri di kelas.
Kesimpulan dari hasil analisis data dan pembahasan bahwa pembelajaran
menggunakan strategi belajar MURDER cukup efektif untuk meningkatkan hasil
belajar siswa pada materi Faktorisasi Suku Aljabar. Hal ini terlihat dari peningkatan
persentase hasil belajar siswa pada tiap siklusnya.