PENGARUH TRAIT KEPRIBADIAN FIVE FACTOR TERHADAP PRESTASI BELAJAR (IPK) MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN ANGKATAN 2009 UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Prestasi belajar (IPK) seorang mahasiswa (termasuk prestasi lainnya) lebih banyak dipengaruhi oleh kepribadian mahasiswa tersebut, dimana kepribadian ini ternyata  memiliki  pengaruh  yang  erat  dengan  motivasi  belajar  mahasiswa,  selain itu  kepribadian  juga  akan  berpengaruh  pada  gaya  belajar  mahasiswa  yang nantinya  akan  terefleksi  dalam  strategi  belajarnya  sehingga  outcome  belajarnya tinggi  (De  Raad  dan  Schouwenburg,  1996).  Ditambahkan  juga,  jika kepribadiannya  positif  maka  outcomenya  juga  positif  tapi  sebaliknya  jika kepribadiannya  negatif  maka  outcomenya  juga  negatif,  ini  yang  biasa  disebut fenomena  flight-attitude  kepribadian  dengan  prestasi  belajar  (Hidayat,  2010; Tranggono,  2010).  Menurut  Feist  (2006)  tingkat  trait  kepribadian  dasar  berubah dari  masa  remaja  akhir  hingga  masa  dewasa.  McCrae  dan  Costa  (2003)  yakin bahwa  selama  periode  dari  usia  18  sampai  30  tahun,  orang  sedang  berada  dalam proses  mengadopsi  konfigurasi  trait  yang  stabil,  konfigurasi  yang  tetap  stabil setelah  usia  30  tahun.  Mengingat  usia  rata-rata  dari  mahasiswa  Fakultas Kedokteran  Angkatan  2009  Universitas  Jember  adalah  19-20  tahun  maka diharapkan para mahasiswa ini mampu mengadopsi trait kepribadian yang positif dan  menunjang  untuk  peningkatan  prestasi  belajar.  Harapannya  dengan  prestasi belajar yang baik dan trait kepribadian yang juga positif para mahasiswa Fakultas Kedokteran  Angkatan  2009  pada  khususnya  mampu  untuk  menjawab permasalahan  kesehatan  yang  semakin  mengglobal  dan  semakin  kompleks  serta tuntutan akan tanggung jawab profesi seorang dokter yang semakin besar. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian yang diadaptasi dari Five Factor  Personality  Inventory  (FFPI)  yang  disusun  oleh  Buchanan  (2001).  FFPI Buchanan  ini  telah  teruji  valid  dan  reliabel  untuk  digunakan  sebagai  alat  ukur kepribadian  Five  Factor  di  Indonesia  atas  dasar  uji  validitas  dan  reliabilitas  dari peneliti (2010) dan Widhiarso (2004) Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  pengaruh  trait kepribadian  Five  Factor  dengan  prestasi  belajar  (IPK)  mahasiswa  Fakultas Kedokteran Angkatan 2009 Universitas Jember.   Penelitian  dilakukan  pada  bulan  September  2010-Oktober  2010  di Fakultas  Kedokteran  Universitas  Jember.  Sampel  terdiri  dari  65  mahasiswa kedokteran  Universitas  Jember  yang  dipilih  secara  acak  dari  70  mahasiswa  yang bersedia menjadi sampel dan dibagi ke dalam 5 (lima) kelompok yaitu kelompok kepribadian  1  (Openness),  kelompok  kepribadian  2  (Conscientiousness), kelompok kepribadian 3 (Extraversion), kelompok kepribadian 4 (Agreeableness), dan  Kelompok  5  (Neuroticism).  Variabel  tergantungnya  adalah  prestasi  belajar (akademik). Prestasi belajar dapat diukur melalui indeks prestasi kumulatif (IPK).   Uji  analisis  data  menggunakan  uji  Kruskal-Wallis  (Dahlan,  2009)  pada α=.05  menunjukkan  hasil  signifikansi  (.001)  lebih  kecil  dari  α  (.05).  Hal  ini menunjukkan  terdapat  pengaruh  yang  signifikan  antara  trait  kepribadian  Five Factor  dengan  prestasi  belajar  (IPK)  mahasiswa  Fakultas  Kedokteran  Angkatan 2009  Universitas  Jember.  Setelah  itu,  dilakukan  analisis  post  hoc  menggunakan uji  Mann-Whitney,  hasil  uji  ini  menunjukkan  bahwa  domain  conscientiousness memiliki  pengaruh  yang  terkuat  terhadap  prestasi  belajar  (IPK)  mahasiswa Fakultas  Kedokteran  Angkatan  2009  Universitas  Jember  dibandingkan  dengan keempat domain kepribadian yang lain   Dengan  demikian  dapatlah  disimpulkan  bahwa  terdapat  pengaruh  yang signifikan dari trait kepribadian Five Factor terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas  Kedokteran  angkatan  2009  Universitas  Jember  dengan  domain conscientiousness sebagai domain kepribadian  yang paling berpengaruh terhadap prestasi belajar (IPK) mahasiswa tersebut .
Collections
- UT-Faculty of Medical [1562]