• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIK, AUDITORI, VISUAL,DAN INTELEKTUAL) BERBANTUAN MEDIA DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGSI KELAS VIII B SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 3 BALUNG TAHUN AJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    15.pf_1.pdf (526.3Kb)
    Date
    2014-01-16
    Author
    Puguh Darmawan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fakta di lapangan menunjukan bahwa pada umumnya pembelajaran matematika di sekolah masih berpusat pada guru dan bersifat konvensional sehingga siswa cenderung pasif dan tidak antusias dalam proses pembelajaran. Berdasarkan wawancara dengan guru matematika di SMP Negeri 3 Balung menyatakan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menguasai pelajaran matematika yang berhubungan dengan hal yang bersifat abstrak. Akibatnya rata-rata hasil belajar siswa masih berada di bawah Standar Ketuntasan Minimal (SKM) yang ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran SAVI Berbantuan Media Digital, aktivitas siswa dan ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran SAVI Berbantuan Media Digital pada pokok bahasan fungsi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Balung semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 35 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa penerapan Pembelajaran SAVI (Somatik, Auditori, Visual dan Intelektual)Berbantuan Media digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fungsi Kelas VIII B Semester Ganjil SMP Negeri 3 Balung Tahun Ajaran 2011/2012 berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini bisa dilihat dari hasil analisis data diperoleh bahwa aktivitas siswa selama pembelajaran mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus I. Pada siklus I mencapai 79,60% sedangkan pada pra siklus tidak terjadi aktivitas yang berarti karena siswa hanya diam dan mendengarkan guru. Disamping itu ketuntasan belajar siswa secara klasikal juga menunjukkan adanya peningkatan dari pra siklus ke siklus I. Pada pra siklus haya mencapai 51,4% sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 74,28%. Ketuntasan klasikal mengalami peningkatan secara signifikan meskipun masih ada siswa yang tidak tuntas secara perorangan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15411
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository