PENERAPAN MEDIA KARTU PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PERKALIAN PADA SISWA KELAS 2 SDN 1 BUCOR KULON PAKUNIRAN -- PROBOLINGGO PADA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2010-2011
Abstract
Secara spesifik masalah yang berhasil diidentifikasi dalam pembelajaran
matematika di SDN 1 Bucor Kulon adalah penentuan penerapan metode dalam
pembelajaran, matematika selalu dianggap sulit oleh kebanyakan siswa, serta kurang
menariknya penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar, karena
ketidaksiapan guru dalam membuat media dengan alasan waktu yang terbatas. Hal
tersebut sangat berdampak terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.
Sebagai skor awal diambil hasil ulangan pada materi sebelumnya dan menunjukkan
bahwa hasil belajar siswa masih rendah, yaitu hanya 60% dari 30 siswa yang mencapai
nilai KKM.
Berdasarkan dari uraian di atas, diperoleh rumusan masalah yaitu: 1)
Bagaimana meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas 2 di SDN 1 Bucor Kulon
Pakuniran-Probolinggo melalui penerapan media kartu permainan dalam perkalian? 2)
Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 di SDN 1 Bucor Kulon
Pakuniran-Probolinggo melalui penerapan media kartu permainan dalam perkalian?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar
siswa kelas 2 di SDN 1 Bucor Kulon Pakuniran-Probolinggo melalui penerapan media
kartu permainan dalam perkalian. 2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 di
SDN 1 Bucor Kulon Pakuniran-Probolinggo melalui penerapan media kartu permainan
dalam perkalian.