PENGARUH DURASI DAN KUANTITAS COMMERCIAL BREAK TERHADAP MINAT PEMIRSA DALAM MENONTON PROGRAM ACARA OPERA VAN JAVA (STUDI EMPIRIS PADA MASYARAKAT KECAMATAN KOTA KABUPATEN JEMBER)
Abstract
Penyiaran program acara televisi membutuhkan pemirsa untuk tetap
mempertahankan eksistensinya. Semakin banyak audiens maka semakin tinggi
rating yang diperoleh, dan semakin menarik bagi pemasang iklan untuk beriklan
pada setiap program acara televisi sehingga stasiun televisi bisa mendapatkan
pemasukkan dari iklan, dan mampu untuk terus bertahan dalam situasi yang
kompetitif. Untuk menjadikan sebuah program acara televisi menjadi unggul
dengan rating yang tinggi, divisi programming harus senantiasa memahami
karakteristik pemirsanya dengan lebih baik sehingga pemirsa selalu dapat
meluangkan waktunya menonton tayangan televisi. Hal–hal yang harus
diperhatikan sebagai faktor penunjang keberhasilan program acara televisi ialah
program, iklan, dan pemirsa
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menguji pengaruh durasi dan
kuantitas commercial break terhadap minat pemirsa dalam menonton program
acara Opera Van Java.
Rancangan penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah
explanatory research yaiu bertujuan untuk menjelaskan hubungan–hubungan
antara satu variabel dengan variabel lainnya atau bagaimana suatu variabel
mempengaruhi variabel lainnya dan juga termasuk dalam penelitian confirmatory
karena menjelaskan hubungan kausal antara variabel melalui pengujian hipotesis.
Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik
pengukuran dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Metode analisis data
menggunakan analisis regresi linear berganda dengan pendekatan conformatory,
dengan melalui dua kegiatan yaitu mengelompokkan data sejenis dalam suati tabel (tabulasi) dan menganalisis data dengan melakukan perhitungan-perhitungan
menurut metode penelitian kuantitatif dengan teknik yang akan digunakan adalah
conformatory techinique dengan menggunakan program Amos.
Penelitian ini memperoleh hasil dan kesimpulan bahwa durasi dan
kuantitas commercial break memberikan hasil yang signifikan terhadap minat
pemirsa dalam menonton program acara Opera Van Java (OVJ), sehingga
manajemen TRANS7 perlu memperhatikan faktor – faktor yang berkaitan dengan
durasi dan kuantitas penayangan iklan yang muncul di program acara OVJ seperti
durasi iklan, isi , tema, cerita, informasi iklan yang menarik, jumlah iklan, dan
rating acara agar pehatian pemirsa tetap terjaga (konsisten) untuk menyaksikan
OVJ