Show simple item record

dc.contributor.authorBAGUS WIJAYA, IKA
dc.date.accessioned2013-10-31T07:16:11Z
dc.date.available2013-10-31T07:16:11Z
dc.date.issued2013-10-31
dc.identifier.nimNIM070210101078
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1537
dc.description.abstractPenelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model skema yang digunakan adalah model skema penelitian tindakan Hopkins dan dilaksanakan sebanyak dua siklus. Berdasarkan model skema penelitian tindakan Hopkins maka dikembangkan desain penelitian menggunakan prosedur kerja dari tindakan pendahuluan, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pada setiap akhir siklus diberikan tes akhir untuk mengetahui sejauh mana siswa menguasai materi yang telah dipelajari. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisa data merupakan cara yang paling menentukan untuk menyusun dan mengolah data yang terkumpul, sehingga dapat menghasilkan suatu kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran kontekstual dengan strategi guided teaching pada materi belah ketupat dan layang-layang kelas VII B SMP Negeri 2 Panti semester genap tahun pelajaran 2010/2011 berjalan dengan lancar dan baik. Hal ini bisa dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa dan guru yang meningkat dari pembelajaran pertama sampai pembelajaran ke empat. Selain itu, hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata nilai akhir siswa pada siklus I diperoleh 76,10 meningkat menjadi 85,82 pada siklus II. Berdasarkan hasil wawancara terhadap siswa menunjukkan bahwa siswa menyukai pembelajaran yang diterapkan, yaitu pembelajaran kontekstual dengan strategi guided teaching. Kesimpulan dari hasil analisis data dan pembahasan bahwa pembelajaran kontekstual dengan strategi guided teaching cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi belah ketupat dan layang-layang. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase hasil belajar siswa pada tiap siklusnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210101078;
dc.subjectPembelajaran Kontekstual, Strategi Guided Teaching, Meningkatkan Hasil Belajaren_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI GUIDED TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BELAH KETUPAT DAN LAYANG-LAYANG KELAS VII B SEMESTER GENAP SMP NEGERI 2 PANTI TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record