dc.description.abstract | Daya serap siswa yang rendah pada mata pelajaran IPS berdampak pada
rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah
kurangnya pemanfaatan media pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran yang
digunakan guru di kelas cenderung monoton, kurang membangkitkan motivasi belajar
siswa. Selain itu dalam kegiatan mengajarnya guru jarang menggunakan media yang
menarik perhatian siswa melainkan hanya melalui penjelasan-penjelasan saja. Media
gambar merupakan media pembelajaran yang dapat mengkongkritkan konsep-konsep
dan hal-hal yang bersifat abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
meningkatkan aktivitas daya serap siswa dan hasil belajar siswa.
Penelitian dilakukan di SDN Mrawan 02 kecamatan Mayang kabupaten
Jember. Subyek penelitian yaitu siswa di kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 29
siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sedangkan metode
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, serta
dokumentasi. Data yang dikumpulkan adalah aktivitas siswa dan guru selama
pembelajaran berlangsung serta hasil belajar siswa
Hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan penelitian dengan menggunakan
media gambar pada pokok bahasan jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam
mempersiapkan kemerdekaan dalam pelajaran IPS di SDN Mrawan 02 terlaksana
dengan lancar. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Siklus 1 terdiri dari 2 kali pertemuan
dimana pertemuan kedua diadakan tes individu dan siklus II dilaksanakan 2 kali pertemuan karena merupakan pemantapan dari siklus 1.Aktivitas siswa secara
klasikal mengalami peningkatan dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Persentase
keaktifan siswa secara klasikal sebesar 66,67 % pada pembelajaran 1 siklus 1
sedangkan pada pembelajaran 1 siklus II sebesar 83,67 %. Kesulitan yang dihadapi
selama pembelajaran berlangsung terdapat pada siswa yang malu bertanya dan sulit
berinteraksi dengan teman sekelompoknya dan cenderung pasif.
Kesimpulan yang dapat diperoleh dari hasil penelitian adalah nilai persentase
ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 72,41 % pada siklus 1 dan mencapai
93,10 % pada siklus II hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami
peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar
pada pokok bahasan jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan
kemerdekaan dalam mata pelajaran IPS kelas V di SDN Mrawan 02 kecamatan
Mayang kabupaten Jember dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang pada
akhirnya meningkatkan hasil belajar siswa. | en_US |