Show simple item record

dc.contributor.authorNurul Fadhilah
dc.date.accessioned2014-01-16T06:14:41Z
dc.date.available2014-01-16T06:14:41Z
dc.date.issued2014-01-16
dc.identifier.nimNIM040210101056
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15279
dc.description.abstractKualitas pendidikan sampai saat ini masih merupakan suatu masalah yang paling menonjol dalam setiap usaha pembaharuan sistem pendidikan nasional. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk menghadapi masalah kualitas pendidikan ini diantaranya adalah peningkatan kualitas pembelajaran bagi peserta didik karena kegagalan atau keberhasilan proses pembelajaran sangat bergantung pada peserta didik sebagai unsur utama penentu keberhasilan pendidikan. Ada dua faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu faktor internal yang berasal dari dalam siswa seperti IQ, minat, bakat dan faktor eksternal yang berasal dari luar siswa yaitu lingkungan sosial dan lingkungan alami. Pada skripsi ini diambil dua hal yang mempengaruhi hasil belajar yaitu lingkungan sosial sebagai faktor eksternal dan minat sebagai faktor internal. Lingkungan Sosial adalah manusia lain yang ada di sekitar siswa, yang terdiri dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Sedangkan minat adalah kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan menyenangi suatu kegiatan, misalnya dapat dilihat dari kesenangan dalam mengikuti pelajaran, kemauan untuk mengerjakan tugas, kesadaran untuk belajar tanpa disuruh, serta perhatian ketika pelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara lingkungan sosial dengan hasil belajar matematika, minat dengan hasil belajar matematika, serta pengaruh bersama antara lingkungan sosial dan minat belajar dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP. Daerah penelitian yang diambil dalam penelitian ini adalah SMPN se-kota Pamekasan dengan sampel yang diambil adalah SMPN 2 Pamekasan, SMPN 5 Pamekasan, SMP 6 Pamekasan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data guna menjawab permasalahan dalam penelitian ini adalah dengan metode angket, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data digunakan análisis regresi linear berganda, untuk menguji persamaan regresi yang didapat dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, autokorelasi, multikolinearitas, dan heterokedastisitas. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan sosial siswa dengan hasil belajar matematika siswa yang ditunjukkan oleh nilai uji statistik t yang lebih besar dari t tabel yaitu 8,402 dan ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar yang ditunjukkan dengan uji t sebesar 6,209. Sedangkan dari hasil uji F didapat bahwa ada pengaruh bersama antara lingkungan sosial dan minat belajar siswa dengan hasil belajar dengan nilai uji F sebesar 102,130, dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,555 yang berarti bahawa lingkungan sosial dan minat belajar mempengaruhi hasil belajar matematika siswa sebesar 55,5% sedangkan 44,5% dipengaruhi oleh faktor lain diantaranya adalah kondisi kesehatan, IQ, dan motivasi belajar. Untuk itu bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian serupa agar memperhatikan faktor- faktor selain lingkungan sosial dan minat belajar, agar faktor- faktor tersebut dapat dioptimalkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries040210101056;
dc.subjectPENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL DAN MINAT BELAJAR SISWAen_US
dc.titlePENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMPN SE- KOTA PAMEKASAN TAHUN AJARAN 2008/2009en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record