dc.description.abstract | Kualitas pendidikan sampai saat ini masih merupakan suatu masalah yang
paling menonjol dalam setiap usaha pembaharuan sistem pendidikan nasional.
Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk menghadapi masalah kualitas
pendidikan ini diantaranya adalah peningkatan kualitas pembelajaran bagi peserta
didik karena kegagalan atau keberhasilan proses pembelajaran sangat bergantung
pada peserta didik sebagai unsur utama penentu keberhasilan pendidikan. Ada dua
faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu faktor internal yang berasal dari
dalam siswa seperti IQ, minat, bakat dan faktor eksternal yang berasal dari luar siswa
yaitu lingkungan sosial dan lingkungan alami.
Pada skripsi ini diambil dua hal yang mempengaruhi hasil belajar yaitu
lingkungan sosial sebagai faktor eksternal dan minat sebagai faktor internal.
Lingkungan Sosial adalah manusia lain yang ada di sekitar siswa, yang terdiri dari
lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Sedangkan
minat adalah kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan menyenangi suatu
kegiatan, misalnya dapat dilihat dari kesenangan dalam mengikuti pelajaran,
kemauan untuk mengerjakan tugas, kesadaran untuk belajar tanpa disuruh, serta
perhatian ketika pelajaran berlangsung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan
antara lingkungan sosial dengan hasil belajar matematika, minat dengan hasil belajar
matematika, serta pengaruh bersama antara lingkungan sosial dan minat belajar
dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP. Daerah penelitian yang diambil dalam penelitian ini adalah SMPN se-kota Pamekasan dengan sampel yang
diambil adalah SMPN 2 Pamekasan, SMPN 5 Pamekasan, SMP 6 Pamekasan.
Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data guna menjawab permasalahan
dalam penelitian ini adalah dengan metode angket, dan dokumentasi. Untuk
menganalisis data digunakan análisis regresi linear berganda, untuk menguji
persamaan regresi yang didapat dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas,
autokorelasi, multikolinearitas, dan heterokedastisitas.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa ada pengaruh yang signifikan antara
lingkungan sosial siswa dengan hasil belajar matematika siswa yang ditunjukkan oleh
nilai uji statistik t yang lebih besar dari t tabel yaitu 8,402 dan ada pengaruh yang
signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar yang ditunjukkan dengan uji t
sebesar 6,209. Sedangkan dari hasil uji F didapat bahwa ada pengaruh bersama antara
lingkungan sosial dan minat belajar siswa dengan hasil belajar dengan nilai uji F
sebesar 102,130, dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,555 yang berarti
bahawa lingkungan sosial dan minat belajar mempengaruhi hasil belajar matematika
siswa sebesar 55,5% sedangkan 44,5% dipengaruhi oleh faktor lain diantaranya
adalah kondisi kesehatan, IQ, dan motivasi belajar. Untuk itu bagi peneliti lain yang
ingin melakukan penelitian serupa agar memperhatikan faktor- faktor selain
lingkungan sosial dan minat belajar, agar faktor- faktor tersebut dapat dioptimalkan
untuk meningkatkan hasil belajar siswa. | en_US |