PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN ANALISIS SWOT PADA CV. BIMO KRISNO TOUR & TRAVEL JEMBER
Abstract
Strategi pemasaran merupakan bagian yang penting dalam pelaksanaan
strategi perusahaan secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity) dan ancaman
(threat) pada Bimo Krisno Tour & Travel Jember.
Penelitian ini menggunakan metode survey dan studi pustaka. Penelitian
survey bertujuan untuk mengetahui obyek penelitian dengan melihat dan
mendengar segala sesuatu tentang obyek secara langsung serta mendapatkan
informasi dan data yang berhubungan dengan permasalahan dan tujuan yang telah
ditetapkan. Informasi ini digunakan untuk mengetahui variabel kekuatan,
kelemahan, peluang dan ancaman perusahaan yang digunakan untuk menyusun
alternatif strategi pemasaran yang tepat bagi perusahaan. Dalam pelaksanaannya
peneliti memperoleh data dari penyebaran kuesioner kepada 50 responden yang
terdiri dari 12 responden untuk internal dan 38 responden untuk eksternal
perusahaan. Hasil pengolahan data faktor strategis perusahaan dipakai sebagai
acuan untuk menentukan strategi pemasaran secara global dengan IE Matriks dan
alternatif strategi pemasaran dengan Matriks SWOT yamg kemudian akan di pilih
strategi yang sesuai dengan kondisi perusahaan. Data dari perusahaan kemudian di
analisis dengan menggunakan analisis faktor internal (IFAS) dan analisis faktor
eksternal (EFAS). Data yang diperoleh dari IFAS dan EFAS tersebut digunakan
untuk menentukan posisi kuadran perusahaan. Setelah di tentukan posisi kuadran
perusahaan, kemudian digunakan analisis SWOT sehingga dapat ditentukan
kebijakan dan strategi yang harus dilakukan oleh CV. Bimo Krisno Tour & Travel
Jember