Show simple item record

dc.contributor.authorSandi Kurniawati Iftitah
dc.date.accessioned2013-10-31T05:37:22Z
dc.date.available2013-10-31T05:37:22Z
dc.date.issued2013-10-31
dc.identifier.nimNIM070210201126
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1521
dc.description.abstractMengingat kemajuan dalam bidang ilmu dan teknologi membawa pengaruh cukup besar dalam bidang pendidikan termasuk Pendidikan Luar Sekolah, kehadiran teknologi dan informasi pada dasarnya mempertegas peran pendidikan non formal dalam jagad pendidikan nasional. Kemudahan mengakses layanan informasi tanpa dibatasi ruang dan kemampuan menjangkau kawasan yang tak terjangkau menjadikan pendidikan non formal sebagai alternatif melalui pemanfaatan teknologi informasi. Pembelajaran komputer perlu bagi warga belajar pendidikan luar sekolah salah satunya bagi warga belajar kejar paket C kelas X di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso agar memiliki kemampuan yang mantap dalam pelayanan komputer. Dimana bekal utama dalam kehidupan di era teknologi dan globalisasi saat ini yang dirasa sangat penting adalah kecakapan hidup atau sering disebut dengan life skill. Life skill adalah pendidikan yang memberikan kecakapan personal, kecakapan sosial, kecakapan intelektual, dan kecakapan vokasional untuk bekerja atau usaha mandiri. Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut, “adakah Hubungan Antara Pelaksanaan Pembelajaran Komputer Dengan Kecakapan Hidup (Life Skill) Warga Belajar Kejar Paket C Kelas X di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2010/2011?. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara pelaksanaan pembelajaran komputer dengan kecakapan hidup (life skill) warga belajar kejar paket c kelas x di sanggar kegiatan belajar kabupaten bondowoso tahun pelajaran 2010/2011. Dalam penelitian ini responden diambil dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang ditentukan maka yang akan dijadikan responden dalam penelitian ini yaitu 15 Warga Belajar dari 24 Warga Belajar Kejar Paket C Kelas X di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso tahun pelajaran 2010/2011. Lokasi yang dijadikan tempat sebagai penelitian adalah di Unit Pelaksana Teknis Dinas Sanggar Kegiatan Belajar jalan Letnan Rantam nomor 01 Kabupaten Bondowoso. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, observasi, dan dokumentasi. Desain yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Teknik analisis data secara inferensial kuantitatif dengan korelasi tata jenjang. Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis korelasi Tata Jenjang/Spearman’s Rho tentang pelaksanaan pembelajaran komputer dengan kecakapan hidup (life skill) warga belajar kejar paket C kelas X diperoleh hasil rho hitung 0,817 dengan tingkat korelasi tinggi. Dalam penelitian ini perlu disampaikan beberapa saran yaitu pelaksanaan pembelajaran komputer agar lebih ditingkatkan kualitasnya agar kecakapan hidup (life skill) warga belajar kejar paket C kelas X dapat lebih meningkat sesuai dengan tuntunan zaman dan dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan hidup. Dengan demikian dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Ada Hubungan Antara Pelaksanaan Pembelajaran Komputer Dengan Kecakapan Hidup (Life Skill) Warga Belajar Kejar Paket C Kelas X di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso. Bagi Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso tahun pelajaran 2010/2011.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210201126;
dc.subjectKECAKAPAN HIDUP ( LIFE SKILL)en_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KOMPUTER DENGAN KECAKAPAN HIDUP ( LIFE SKILL) WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C KELAS X DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record