• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI HANDS ON ACTIVITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII A SEMESTER GENAP SMP NEGERI 3 JENGGAWAH PADA POKOK BAHASAN PRISMA DAN LIMAS TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    AGUNG RIYANTO.pdf (517.4Kb)
    Date
    2013-10-31
    Author
    RIYANTO, AGUNG
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Model penelitiannya menggunakan model skema Hopkins yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Desain penelitian menurut model skema Hopkins terdiri dari tindakan pendahuluan, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pada setiap akhir siklus diberikan tes akhir yang bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang dipelajari. Metode pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual melalui hands on activity pada pokok bahasan prisma dan limas di kels VIIIA SMP 3 Jenggawah semester genap tahun ajaran 2010/2011 dapat diterima siswa dengan baik dan berjalan dengan lancar. Hal ini bisa dilihat dari hasil analisis data observasi aktivitas guaru dan siswa oleh observer. Pada siklus I pembelajaran pertama diperoleh aktivitas siswa mencapai 62,05% dan pada pertemuan 2 sebesar 69,75% artinya aktivitas siswa meningkat 7,7%. Peningkatan aktivitas siswa selama siklus II yaitu pada pertemuan 1 sebesar 77% dan sebesar 82,56% pada pertemuan 2 artinya aktivitas siswa meningkat 5,56%. Selain aktifitas siswa, aktifitas guru juga mengalami peningkatan. Persentase aktivitas guru pada pertemuan pertama 85%, pertemuan kedua 90%, pertemuan ketiga 90%, dan pada pertemuan keempat 95%. Sehungga rata-rata persentase keaktifan guru dalam empat pembelajaran adalah 90%. Selain itu, ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 70,73% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 77,83 meningkat pada siklus II sebesar 85,37% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 86,95. Kesimpulan dari hasil analisis data dan pembahasan bahwa pembelajaran kontekstual melalui hands on activity sudah efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi prisma dan limas. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1518
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15392]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository