• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH DISERTAI PENILAIAN UNJUK KERJA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI DI SMPN 1 BALUNG KELAS VII E TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Afifah Nur Aini.pdf (277.8Kb)
    Date
    2013-10-31
    Author
    Nur Aini, Afifah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran melalui pemecahan masalah dilakukan dengan melakukan percobaan sederhana untuk mengajarkan materi. Pembelajaran 1 telah terlaksana dengan baik. Siswa secara keseluruhan telah aktif terlibat dalam percobaan sederhana dan pengerjaan LKS. Namun, ada kesulitan ketika siswa harus menuliskan definisi persegi panjang berdasarkan hasil percobaan. Pembelajaran 2 juga telah berjalan baik. Siswa bekerja sama dengan kelompoknya untuk mengerjakan percobaan dan LKS. Hanya saja, siswa masih kesulitan dalam menyimpulkan rumus luas persegi panjang dari percobaan. Selanjutnya, kesulitan dialami siswa pada pembelajaran 3 yaitu saat menyimpulkan hasil percobaan memutar persegi seperempat putaran searah jarum jam meski secara umum pembelajaran telah terlaksana dengan baik. Mereka tidak mengerti hal apa saja yang harus diperhatikan setelah persegi diputar. Pembelajaran 4 juga berjalan lancar, dengan sedikit kendala saat siswa mengerjakan soal latihan nomor 2 tentang keliling dan luas persegi. Kebanyakan siswa langsung menerka jawabannya tanpa menggunakan langkah pemecahan masalah Polya. Hasil observasi terhadap aktivitas siswa menunjukkan peningkatan di tiap pembelajaran, yaitu berturut-turut dari pembelajaran 1 sampai 4, 61,84%; 67,40%; 72,81% dan 79,86%. Rata-rata nilai LKS cenderung meningkat di tiap pembelajaran yaitu berturut-turut 84,11; 80,00; 81,80 dan 83,06, meskipun terjadi penurunan dari pembelajaran 1 ke pembelajaran 2. Rata-rata nilai tes akhir siklus I 72,15 meningkat menjadi 72,65 pada siklus 2. Aktivitas siswa, pengerjaan LKS serta tes akhir dihitung untuk mendapatkan nilai akhir. Pada siklus I, rata-rata nilai akhir yaitu 72.82 meningkat menjadi 76,49 pada siklus II. Baik pada siklus I maupun II, keduanya dapat dikatakan tuntas secara klasikal. Ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 77,78% dan meningkat menjadi 91,67% pada siklus II. Aktivitas guru dalam penelitian ini juga diamati. Persentasenya cenderung meningkat di tiap pembelajaran berturut-turut yaitu 89,29%; 92,86%; 92,86% dan 96,43%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1517
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15392]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository