PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA PESERTA DIDIK LEMBAGA KURSUS BAHASA INGGRIS OXFORD KABUPATEN JEMBER SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Motivasi  mempunyai  peranan  penting  dalam  proses  belajar  mengajar  baik 
bagi pendidik maupun peserta didik. Bagi pendidik mengetahui motivasi belajar dari 
peserta didik sangat diperlukan guna memelihara dan meningkatkan semangat belajar 
peserta  didik.  Bagi  peserta  didik  motivasi  belajar  dapat  menumbuhkan  semangat 
belajar sehingga peserta  didik terdorong untuk melakukan perbuatan belajar. Peserta 
didik melakukan aktivitas belajar dengan senang karena didorong motivasi. Motivasi 
belajar  yang  terjadi  sebagian  besar  terdapat  pada  diri  peserta  didik  yang  didukung 
oleh  faktor  dari  luar  yaitu  pendidik  dan  sarana  pendidikan  yang  tersedia.  Motivasi 
yang terdapat pada diri peserta didik menjadi faktor utama untuk pencapaian prestasi 
belajar yang baik.   
Prestasi  Belajar  adalah  hasil  dari  berbagai  upaya  dan  daya  partisipasi  belajar 
yang  di  lakukan  dalam  mempelajari  materi  pembelajaran  tertentu  Oleh  karena  itu 
tujuan  dari  penelitian  ini  yaitu  untuk  mengetahui  ada  tidaknya  pengaruh  motivasi 
belajar  terhadap  prestasi  belajar  bahasa  inggris  pada  peserta  didik  Lembaga  Kursus 
Bahasa  Inggris  Oxford  Kabupaten  Jember  semester  2  tahun  pelajaran  2010/2011. 
Manfaat  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  pengaruh  motivasi  belajar  terhadap 
prestasi  belajar  bahasa  inggris  pada  peserta  didik  Lembaga  Kursus  Bahasa  Inggris 
Oxford. Metode yang digunakan untuk menjawab permasalahan di atas yaitu dengan 
metode  kuantitatif  karena  penelitian  ini  bertujuan  ingin  mengetahui  pengaruh 
motivasi belajar terhadap prestasi belajar dengan jumlah Responden 25 peserta didik dengan teknik populasi. Data primer dalam penelitian ini yaitu diperoleh dari angket 
untuk  motivasi  belajar  yang  diberikan  kepada  peserta  didik  dan  observasi  untuk 
mengetahui  kondisi  dan  fasilitas  atau  sarana  dan  prasarana  Lembaga  Kursus  Oxford 
sedangkan  untuk  data  sekunder  diperoleh  dari  dokumentasi.  Analisis  data  dalam 
penelitian  ini  menggunakan  Korelasi  Tata  Jenjang  dengan  alasan  karena  jumlah 
responden  dalam  penelitian  ini  kurang  dari  30  orang  yaitu  berjumlah  25  orang. 
Hipotesis dalam penelitian ini yaitu Ha ”ada pengaruh motivasi belajar terhadap 
prestasi    belajar    bahasa  inggris  pada  peserta  didik  lembaga  Kursus  Bahasa  Inggris 
Oxford Kabupaten Jember semester 2 tahun pelajaran 2010/2011”, dan Ho “tidak ada 
pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar  bahasa inggris pada peserta didik 
Lembaga  Kursus  Bahasa  Inggris  Oxford  Kabupaten  Jember  semester  2  tahun 
pelajaran  2010/2011  dan  Ha  yaitu  ada  pengaruh  motivasi  belajar  terhadap  prestasi 
belajar  bahasa  inggris  pada  peserta  didik  Lembaga  Kursus  Bahasa  Inggris  Oxford 
Kabupaten Jember semester 2 tahun pelajaran 2010/2011”. 
Berdasarkan  hasil  analisis  data  menggunakan  metode  statistik 
mempergunakan  rumus  Korelasi  Tata  jenjang  nilai  r  hitung  sebesar  0,424.  Nilai  ini 
lebih besar dari pada r tabelnya. Untuk N=25 dengan taraf kepercayaan 95% sebesar 
0,392 diketahui bahwa ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa 
inggris  pada  peserta  didik.  Hipotesis  Ho  di  tolak  dan  Ha  diterima.  Berdasarkan 
pengolahan  data  tersebut,  diketahui  besarnya  pengaruh  motivasi  belajar  terhadap 
prestasi  belajar  bahasa  inggris  pada  peserta  didik  Lembaga  Kursus  Bahasa  Inggris 
Oxford Kabupaten Jember semester 2 tahun pelajaran 2010/2011 yang agak rendah.
