• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA PESERTA DIDIK LEMBAGA KURSUS BAHASA INGGRIS OXFORD KABUPATEN JEMBER SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Prastio Pintono_001.pdf (193.5Kb)
    Date
    2013-10-31
    Author
    Prastio Pintono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Motivasi mempunyai peranan penting dalam proses belajar mengajar baik bagi pendidik maupun peserta didik. Bagi pendidik mengetahui motivasi belajar dari peserta didik sangat diperlukan guna memelihara dan meningkatkan semangat belajar peserta didik. Bagi peserta didik motivasi belajar dapat menumbuhkan semangat belajar sehingga peserta didik terdorong untuk melakukan perbuatan belajar. Peserta didik melakukan aktivitas belajar dengan senang karena didorong motivasi. Motivasi belajar yang terjadi sebagian besar terdapat pada diri peserta didik yang didukung oleh faktor dari luar yaitu pendidik dan sarana pendidikan yang tersedia. Motivasi yang terdapat pada diri peserta didik menjadi faktor utama untuk pencapaian prestasi belajar yang baik. Prestasi Belajar adalah hasil dari berbagai upaya dan daya partisipasi belajar yang di lakukan dalam mempelajari materi pembelajaran tertentu Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa inggris pada peserta didik Lembaga Kursus Bahasa Inggris Oxford Kabupaten Jember semester 2 tahun pelajaran 2010/2011. Manfaat penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa inggris pada peserta didik Lembaga Kursus Bahasa Inggris Oxford. Metode yang digunakan untuk menjawab permasalahan di atas yaitu dengan metode kuantitatif karena penelitian ini bertujuan ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar dengan jumlah Responden 25 peserta didik dengan teknik populasi. Data primer dalam penelitian ini yaitu diperoleh dari angket untuk motivasi belajar yang diberikan kepada peserta didik dan observasi untuk mengetahui kondisi dan fasilitas atau sarana dan prasarana Lembaga Kursus Oxford sedangkan untuk data sekunder diperoleh dari dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Korelasi Tata Jenjang dengan alasan karena jumlah responden dalam penelitian ini kurang dari 30 orang yaitu berjumlah 25 orang. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu Ha ”ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa inggris pada peserta didik lembaga Kursus Bahasa Inggris Oxford Kabupaten Jember semester 2 tahun pelajaran 2010/2011”, dan Ho “tidak ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa inggris pada peserta didik Lembaga Kursus Bahasa Inggris Oxford Kabupaten Jember semester 2 tahun pelajaran 2010/2011 dan Ha yaitu ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa inggris pada peserta didik Lembaga Kursus Bahasa Inggris Oxford Kabupaten Jember semester 2 tahun pelajaran 2010/2011”. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan metode statistik mempergunakan rumus Korelasi Tata jenjang nilai r hitung sebesar 0,424. Nilai ini lebih besar dari pada r tabelnya. Untuk N=25 dengan taraf kepercayaan 95% sebesar 0,392 diketahui bahwa ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa inggris pada peserta didik. Hipotesis Ho di tolak dan Ha diterima. Berdasarkan pengolahan data tersebut, diketahui besarnya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa inggris pada peserta didik Lembaga Kursus Bahasa Inggris Oxford Kabupaten Jember semester 2 tahun pelajaran 2010/2011 yang agak rendah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1514
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository