Peranan Bahasa Inggris Dalam Mengoptimalkan Kinerja Dan Pelayanan Di Bagian Housekeeping Hotel Panorama Jember
Abstract
Pariwisata merupakan salah satu objek yang digemari banyak orang.
Perkembangan pariwisata Indonesia memiliki peranan yang sangat vital dalam
menunjang sumber devisa Negara. Salah satu pengembangan pariwisata yang mutlak
diperlukan adalah suatu perhotelan. Hal ini merupakan faktor penting untuk
menunjang kenyamanan bagi para wisatawan. Salah satu unsur yang penting didalam
membangun citra perhotelan adalah adanya penguasaan bahasa asing terutama bahasa
Inggris oleh Housekeeper.
Keterbatasan dalam berbahasa Inggris hendaknya harus segera diperbaiki dan
dibenahi agar kesalahpahaman dan kesulitan dalam penyampaian informasi dalam
berkomunikasi dapat diperkecil sehingga tamu akan mendapat kepuasaan dalam hal
pelayanan saat mereka menginap dihotel. Hal ini perlu diperhatikan pada karyawan
Housekeeping Departemen karena dalam prakteknya Housekeeping Department
banyak dihadapkan hal-hal yang berhubungan dengan istilah-istilah bahasa Inggris
didalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada tamu hotel / tamu asing,
contohnya : penanganan Special Request, Guest Complaining, dan penanganan
fasilitas-fasilitas tamu lainnya.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahasa Inggris mempunyai
peranan penting dalam dunia perhotelan dan merupakan salah satu syarat untuk
meningkatkan kinerja para karyawan hotel khususnya Housekeeper dalam
berkomunikasi secara langsung dengan tamu mancanegara.