HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DENGAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK KEJAR PAKET C DI SKB SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Peserta didik  yang  mempunyai  motivasi kuat akan diikuti dengan  munculnya 
disiplin  diri  yang  baik.  Disiplin  merupakan  sesuatu  yang  berkenaan  dengan 
pengendalian  diri  seseorang  terhadap  bentuk-bentuk  aturan.  Motivasi  adalah 
perubahan  energi  dalam  diri  seseorang  yang  ditandai  dengan  munculnya  perasaann 
dan  didahului  dengan  tanggapan  terhadap  adanya  tujuan.  Sedangkan  disiplin  belajar 
adalah suatu sikap dan perbuatan dalam melaksanakan kewajiban secara sadar dengan 
cara  mentaati  peraturan  dalam  belajar.  Oleh  karena  itu  perumusan  masalah  dari 
penelitian ini adalah adakah hubungan antara motivasi dengan disiplin belajar peserta 
didik  kejar  paket  C  di  SKB  Situbondo  tahun  pelajaran  2010/2011.  Tujuan  dari 
penelitian  ini  untuk  mengetahui  adakah  hubungan  antara  motivasi  dengan  disiplin 
belajar  peserta  didik  kejar  paket  C  di  SKB  Situbondo  tahun  pelajaran  2010/2011. 
Sedangkan  manfaat  penelitian  ini  diharapkan  bermanfaat  bagi  peerta  didik,  pamong 
belajar dan perguruan tinggi khusunya program studi PLS. 
Metode yang digunakan untuk  menjawab   permasalahan di  atas  yaitu dengan 
menggunakan  metode  deskriptif  kuantitatif  karena  penelitian  ini  bertujuan    ingin 
menghubungkan antara motivasi dengan disiplin belajar peserta didik kejar paket C di 
SKB Situbondo tahun pelajaran 2010/2011. Jumlah responden 23 orang yang diambil 
dengan  teknik  purposive  sampling.  Data  primer  dalam  penelitian  ini    diperoleh  dari 
angket  sedangkan  untuk  data  sekundernya  diperoleh  dari  observasi,  interview  dan 
dokumentasi.  Analisis  data  dalam  penelitian  ini  menggunakan  korelasi  tata  jenjang 
dengan alasan jumlah responden kurang dari 30 orang. Hipotesis dalam penelitian ini 
yaitu Hipotesis Kerja ( Ha ) “ Ada hubungan antara motivasi dengan disiplin belajar peserta didik kejar paket C di SKB Situbondo Tahun pelajaran 2010/2011”, dan 
Hipotesis Nol ( Ho) “ tidak ada hubungan antara motivasi dengan disiplin belajar 
peserta didik kejar paket C di SKB Situbondo tahun pelajaran 2010/2011”. 
Berdasarkan  hasil  analisis  data  menggunakan  metode  statistik 
mempergunakan  rumus  korelasi  tata  jenjang  nilai  r  hitung  sebesar  0,829.  Nilai  ini 
lebih  besar  daripada  r  tabelnya.  Untuk  N=23  dengan  taraf  kepercayaan  95%  sebesar 
0,409  diketahui  bahwa  ada  hubungan  antara  motivasi  dengan  disiplin  belajar  kejar 
paket  C  di  SKB  Situbondo  tahun  pelajaran  2010/2011  atau  Hipotesis  kerja  (  Ha  ) 
diterima dan Hipotesis nol ( Ho ) ditolak. 
Berdasarkan  hasil  penelitian  diketahui  bahwa  terdapat  peserta  didik  yang 
memiliki  motivasi  sedang.  Untuk  meningkatkan  motivasi  peserta  didik  baik  secara 
intrinsik  maupun  ekstrinsik  maka  diperlukan  peranan  orang  tua  yaitu  dengan 
memberikan perhatian dan selalu memberikan semangat serta dorongan kepada anak-
anaknya agar mereka memiliki rasa percaya diri baik di SKB maupun dirumah. Hasil 
penelitian  pada  variabel  disiplin  menunjukkan  bahwa  masih  ada  peserta  didik  yang 
memiliki perilaku disiplin dalam kategori sedang. Dalam hal ini peranan orangtua dan 
pamong  belajar  juga  harus  ditunjukkan  pada  penegakan  kedisiplinan  anak  dalam 
pembelajaran baik dirumah maupun di SKB.
