PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 12 JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian
sudah ditetapkan di kelas VIII C SMP Negeri 12 Jember tahun ajaran 2010-2011
yang dimulai tanggal 14 Mei 2011 sampai dengan 1 Juni 2011. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara,
dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru dan aktivitas
siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar pada siklus I dan
siklus II serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa.
Data tentang keaktifan belajar siswa diperoleh dari hasil observasi dengan
instrumen observasi. Ketuntasan hasil belajar fisika siswa diperoleh dari hasil
postest. Aktivitas belajar siswa dan ketuntasan belajar fisika siswa dari siklus I ke
siklus II mengalami peningkatan. Aktifitas belajar siswa yang meliputi
mendengarkan penjelasan guru, mengerjakan soal, mengajukan pertanyaan,
menjawab pertanyaan mengalami peningkatan. Berdasarkan analisis hasil belajar
fisika pada siklus I diperoleh ketuntasan hasil belajar fisika siswa secara klasikal
sebesar 65%, siswa yang tuntas belajar secara individu sebanyak 26 siswa dan 14
siswa yang tidak tuntas secara individu. Siklus 2 diperoleh ketuntasan hasil
belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 78,04%, siswa yang tuntas belajar
secara individu sebanyak 32 siswa dan 9 siswa yang tidak tuntas secara individu.
Dari hasil di atas menunjukkan bahwa model cooperative learning tipe numbered
head together (NHT) dengan metode demonstrasi dapat digunakan sebagai
alternatif pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif dan dapat
memahami konsep fisika dalam rangka meningkatkan aktivitas belajar dan
ketuntasan hasil belajar fisika siswa.