• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 12 JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    VIVIN IKA FIDAYANTI - 070210102099.pdf (1.964Mb)
    Date
    2013-10-31
    Author
    Ika Fidayanti, Vivin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas VIII C SMP Negeri 12 Jember tahun ajaran 2010-2011 yang dimulai tanggal 14 Mei 2011 sampai dengan 1 Juni 2011. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar pada siklus I dan siklus II serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Data tentang keaktifan belajar siswa diperoleh dari hasil observasi dengan instrumen observasi. Ketuntasan hasil belajar fisika siswa diperoleh dari hasil postest. Aktivitas belajar siswa dan ketuntasan belajar fisika siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Aktifitas belajar siswa yang meliputi mendengarkan penjelasan guru, mengerjakan soal, mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan mengalami peningkatan. Berdasarkan analisis hasil belajar fisika pada siklus I diperoleh ketuntasan hasil belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 65%, siswa yang tuntas belajar secara individu sebanyak 26 siswa dan 14 siswa yang tidak tuntas secara individu. Siklus 2 diperoleh ketuntasan hasil belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 78,04%, siswa yang tuntas belajar secara individu sebanyak 32 siswa dan 9 siswa yang tidak tuntas secara individu. Dari hasil di atas menunjukkan bahwa model cooperative learning tipe numbered head together (NHT) dengan metode demonstrasi dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif dan dapat memahami konsep fisika dalam rangka meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1511
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository