Show simple item record

dc.contributor.authorMaya Khoirul Umami
dc.date.accessioned2013-10-31T03:15:47Z
dc.date.available2013-10-31T03:15:47Z
dc.date.issued2013-10-31
dc.identifier.nimNIM070210201123
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1510
dc.description.abstractPentingnya peranan Pendidikan Luar Sekolah dalam kehidupan, menuntut semakin diperlukannya peningkatan pembelajaran Luar Sekolah salah satunya program Kejar Paket B setara SMP. Program Kejar Paket B ini merupakan salah satu pendidikan alternatife untuk mendukung mensukseskan Wajib Belajar 9 Tahun. Tutor memiliki peranan yang penting dalam mensukseskan program Wajib Belajar 9 Tahun. Peran tutor di antaranya sebagai sumber belajar yang mempunyai tanggung jawab untuk menyediakan suatu pola kegiatan belajar, di mana sumber belajar mempunyai dua peran yaitu sebagai warga kelompok belajar dan sebagai pemimpin kegiatan belajar. Tutor sebagai pemimpin dalam kegiatan belajar selain melakukan penjelasan dan memperjelas tujuan belajar sesuai tujuan belajar warga belajar juga memberikan motivasi terhadap warga belajar sehingga menumbuhkan dorongan untuk belajar lebih baik. Rumusan masalah yang timbul dari latar belakang yang ada yaitu adakah hubungan antara kinerja tutor dengan motivasi belajar warga belajar kejar paket B di PKBM Bayuangga Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kinerja tutor dengan motivasi belajar warga belajar Kejar Paket B di PKBM Bayuangga Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo. Manfaat penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kinerja tutor dengan motivasi belajar warga belajar Kejar Paket B. Metode yang digunakan untuk menjawab permasalahan di atas yaitu dengan metode kuantitatif karena penelitian ini bertujuan ingin menghubungkan antara dua variabel yang berkaitan dengan kinerja tutor dan motivasi belajar warga belajar. Jumlah Responden 10 orang dengan teknik systematic purpossive sampling. Data primer dalam penelitian ini yaitu diperoleh dari angket untuk motivasi belajar yang diberikan kepada warga belajar dan observasi untuk kinerja tutor yang dilakukan oleh peneliti sendiri kepada tutor sedangkan untuk data sekunder diperoleh dari dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Korelasi Tata Jenjang dengan alasan karena jumlah responden dalam penelitian ini kurang dari 30 orang yaitu berjumlah 10 orang. Hipotesis nihil dalam penelitian ini yaitu tidak ada hubungan antara kinerja tutor dengan motivasi belajar warga belajar Kejar Paket B. Berdasarkan hasil analisis dengan tehnik Korelasi Tata Jenjang, nilai r hitung diperoleh sebesar 0,649. Nilai ini lebih besar dari pada r tabelnya. Untuk N=10 dengan taraf kepercayaan 95% sebesar 0,648. Berdasarkan hasil analisis ini maka hipotesis Ho di tolak dan Ha diterima. Jadi ada hubungan antara kinerja tutor dengan motivasi belajar warga belajar Kejar Paket B. Artinya semakin tutor mempunyai kinerja bagus maka akan semakin menumbuhkan motivasi belajar warga belajar dengan baik, dan sebaliknya semakin rendah kinerja tutor maka semikin rendah pula motivasi belajar warga belajar kejar paket B.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210201123;
dc.subjectKINERJA TUTORen_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA KINERJA TUTOR DENGAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR KEJAR PAKET B DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) BAYUANGGA KECAMATAN KADEMANGAN KOTA PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record