PENGGUNAAN BAHASA INGGRIS DALAM MEMPROMOSIKAN PARIWISATA KABUPATEN JEMBER KE MANCANEGARA MELALUI FESTIVAL LAYANG-LAYANG
Abstract
Seiring dengan laju perkembangan jaman, pemerintah Indonesia terus
berupaya untuk merealisasikan rencana pembangunan di segala sektor. Salah satu
sektor pembangunan yang harus ditingkatkan adalah sektor pariwisata. Pemerintah
harus bekerja ekstra bersama perusahaan-perusahaan swasta lainnya dalam
memperkenalkan kepariwisataan nasional secara umum dan daerah khususnya agar
lebih dikenal oleh khalayak ramai sebagai Daerah Tujuan Wisata (DTW) karena
memiliki potensi yang cukup besar.
Dunia pariwisata semakin kompleks dengan di dukung oleh sektor lain di
dalamnya, misalnya sektor promosi. Kegiatan ini dilakukan upaya memperkenalkan
produk-produk wisata yang ditawarkan wisatawan. Oleh sebab itu kegiatan promosi
harus dilakukan secara terencana dan dengan strategi yang tepat. Salah satunya
adalah dengan penggunaan bahasa terutama Bahasa Inggris sebagai bahasa
internasional baik aktif maupun pasif agar mampu meningkatkan kualitas dan
efektifitas dari promosi wisata tersebut. Bahasa Inggris memiliki peran penting bagi
pengembangan pariwisata agar tenaga yang bergerak di bagian promosi harus dapat
mempromosikannya dengan baik dans menarik minat wisatawan khususnya
wisatawan mancanegara.
Oleh karena itu penulis ingin membahas PENGGUNAAN BAHASA
INGGRIS DALAM MEMPROMOSIKAN PARIWISATA KABUPATEN
JEMBER KE MANCANEGARA MELALUI FESTIVAL LAYANG-LAYANG
dalam Program Bulan Berkunjung ke Jember. Hal ini berguna untuk meningkatan
minat kunjungan wisatawan khususnya wisatawan mancanegara dan meningkatkan
mutu kepariwisataan di Indonesia dan di kabupaten Jember khususnya.