dc.description.abstract | D
a
lam
pr
oses
be
laja
r
meng
a
ja
r,
diper
lukan
a
da
n
y
a
pe
milih
an
model
pe
mbela
jar
a
n
y
a
n
g
tep
a
t
da
n
s
e
suai
de
n
ga
n
mate
ri
y
a
n
g
disampa
ikan
de
mi
ter
c
a
p
a
in
y
a
tuj
ua
n
pe
m
be
laja
ra
n.
P
e
mbela
j
a
ra
n
y
a
n
g
se
lama
ini
be
rla
ng
sun
g
di
be
be
ra
p
a
se
kolah,
t
e
rma
s
uk
S
MP
N
3
Ar
jasa
,
lebih
be
r
or
ienta
si
p
a
da
tar
ge
t
pe
mber
ian
konse
p
tanpa
membe
rika
n
ke
se
mpata
n
ke
pa
d
a
sis
wa
untuk
mene
mukan
ke
mbali
a
sa
l
mul
a
konse
p
ter
se
but
d
e
nga
n
c
a
ra
me
re
ka
s
e
n
diri
,
se
hingg
a
p
e
mbela
j
a
ra
n
y
a
n
g
de
mi
kian
a
ka
n
kura
n
g
b
e
rma
kna
.
Akib
a
tn
y
a
,
ba
n
y
a
k
sis
w
a
y
a
n
g
kur
a
n
g
bisa
da
lam
meme
c
a
hk
a
n
masa
lah
di
ke
hidupan
se
ha
ri
ha
ri.
S
a
lah
sa
tu
solus
i
y
a
n
g
da
p
a
t
dig
una
k
a
n
untuk
mene
r
a
pka
n
pe
mbela
ja
ra
n
dim
a
na
sis
wa
da
pa
t
men
e
mukan
ke
mbali
konse
p
da
ri
suatu
mate
ri
a
da
lah
de
n
g
a
n
men
gg
u
na
ka
n
pe
nde
k
a
tan
RM
E
(
R
e
ali
ist
ics
M
athem
at
ics
Educ
ati
on
)
.
P
e
mbela
jar
a
n
mate
matik
a
re
a
li
sti
k
a
da
lah
pr
ose
s
pe
mbela
jar
a
n
mate
mat
ika
y
a
n
g men
gg
una
k
a
n du
ni
a
n
y
a
ta
seba
ga
i t
it
ik t
olak untuk men
g
e
mban
g
k
a
n
konse
p da
n
g
a
ga
sa
n
mate
matika
.
S
iswa
diber
i
ke
se
mpata
n
un
tuk
meng
konst
ruk
masa
l
a
h
masa
lah
dunia
n
y
a
t
a
de
n
g
a
n
c
a
ra
mer
e
ka
se
ndiri
da
n
g
ur
u
ha
n
y
a
mempun
y
a
i
p
e
r
a
n
se
ba
g
a
i
fa
sil
it
a
tor
sa
ja
.
Ka
ra
kte
risti
k
RM
E
ya
n
g
di
g
u
na
ka
n
untuk
men
y
e
les
a
ikan
suatu
pe
r
masa
lah
an
,
y
a
it
u:
p
e
ngg
una
a
n
dunia
n
y
a
ta
(
sis
wa
diber
ikan
pe
rm
a
s
a
laha
n
d
a
n
dim
int
a
untuk
memba
y
a
ng
ka
nn
y
a
b
e
rk
a
it
a
n
de
n
ga
n
dunia
n
y
a
ta
)
,
p
e
n
gg
u
na
a
n
model
(siswa
diber
ik
a
n
media
be
rupa
be
nd
a
a
t
a
u
g
a
mbar
y
a
n
g
se
suai
u
ntuk
memba
ntu
meme
c
a
hk
a
n
pe
rma
s
a
la
ha
n
)
,
pr
oduksi
da
n
k
onst
ruksi
sis
wa
(siswa
diber
ikan
ke
se
mpata
n
untuk
mengkonstruk
da
n
menua
ng
k
a
n
ide
ide
kr
e
a
ti
f
)
,
int
e
ra
kti
f
(siswa
dim
int
a
untuk
mempr
e
se
ntasika
n
ha
sil
pe
ke
rja
a
nn
y
a
)
,
da
n
ke
ter
k
a
it
a
n
unit
be
laja
r
(siswa
dibi
mbi
ng
de
n
g
a
n
r
unut
dala
m
m
e
n
y
e
les
a
ikan
pe
rma
s
a
laha
n)
.
Tujua
n
da
ri
pe
ne
li
ti
a
n
ini
a
da
lah
untuk
mende
skripsi
ka
n
pr
oses
pe
ne
ra
pa
n
pe
mbela
jar
a
n
RM
E
,
men
g
e
t
a
hui
a
kti
vit
a
s
be
l
a
jar
sis
wa
da
n
k
e
tunt
a
sa
n
ha
sil
be
laja
r
sis
wa
ke
ti
ka
pe
mbel
a
jar
a
n
RM
E
dit
e
r
a
pka
n
p
a
d
a
sub
pokok
ba
h
a
sa
n
pe
rba
ndingan
da
n ska
la ke
las
V
II
B
di
S
MP
N 3 A
rja
sa
tahun a
ja
ra
n 20
12/2013
.
J
e
nis
pe
ne
li
ti
a
n
y
a
ng
dig
una
ka
n
a
da
lah
P
e
ne
li
ti
a
n
Tinda
ka
n
Ke
las
(PTK)
de
ng
a
n
meng
g
una
ka
n
sikl
us
m
ode
l
Hopkins
,
y
a
it
u
fa
se
pe
re
nc
a
na
a
n,
ti
nda
ka
n,
obser
va
si,
da
n
re
fle
ksi.
P
e
ne
li
ti
a
n
dil
a
ksana
ka
n
tang
g
a
l 26
Nove
mber
sa
mpai
de
ng
a
n
6
De
s
e
mber
2012
da
n
subj
e
k
y
a
ng
dit
e
li
ti
a
da
lah
sis
wa
ke
las
VI
I
B
S
MP
Ne
g
e
ri
3
Ar
jasa
.
W
a
ktu
pe
ne
li
ti
a
n
a
da
lah
se
meste
r
g
a
nji
l
tahun
a
jar
a
n
2012/2013.
Metode
pe
ng
umpul
a
n
da
ta
y
a
ng
dig
una
ka
n
a
da
lah
metode
obser
va
si
,
wa
wa
nc
a
ra
,
tes
,
da
n
dokumenta
si
.
Ana
li
sis
da
ta
y
a
ng
dig
una
ka
n
a
da
lah
a
na
li
sis
kua
li
tatif
pa
da
a
kti
vit
a
s
g
ur
u, si
swa
,
da
n ke
tunt
a
sa
n
ha
sil
be
laja
r
.
Da
ta
ha
sil
obser
va
si
dibeda
ka
n
me
nurut
a
kti
vit
a
s
g
ur
u
da
n
a
kti
vit
a
s
sis
wa
.
P
e
rse
ntase
a
kti
vit
a
s
g
ur
u
meng
a
lami
pe
ning
ka
tan,
y
a
it
u
80,20
%
pa
da
sikl
us
I
da
n
90,62
%
pa
da
sikl
us
I
I
.
P
e
rse
ntase
a
kti
vit
a
s
sis
wa
meng
a
lami
pe
ning
ka
tan
y
a
ng
c
ukup
sig
nifika
n
pa
da
sikl
us
I
da
n
sikl
us
I
I
.
P
e
rse
ntase
a
kti
vit
a
s
sis
wa
pa
da
sikl
us
I
se
be
sa
r
65,0
6% d
a
n pa
da
sikl
us I
I
pe
rse
ntase
n
y
a
se
be
sa
r
75,64%
.
Untuk
ke
tunt
a
sa
n
be
laja
r
dil
ihat
da
ri
ke
tunt
a
sa
n
be
laja
r
se
c
a
ra
indi
vidu
da
n
klasika
l.
Ke
tunt
a
sa
n
be
laja
r
se
c
a
ra
indi
vidu,
pe
rse
ntase
ke
tunt
a
sa
n
be
laja
r
ny
a
se
be
sa
r
46,15%
pa
da
sikl
us
I
mening
ka
t
menja
di
8
8,46%
pa
da
sikl
us
I
I
.
Ke
tunt
a
sa
n
be
laja
r
se
c
a
ra
klasika
l, pada
sikl
us I
se
be
sa
r
76,92%
mening
ka
t
menja
di 100% pa
da
sikl
us I
I
.
B
e
rda
s
a
rka
n
ha
sil
pe
ne
li
ti
a
n,
pe
ne
ra
pa
n
pe
mbela
jar
a
n
RM
E
e
fe
kti
f
dig
una
ka
n
untuk
mening
ka
tkan
a
kti
vit
a
s
da
n
ha
sil
be
laja
r
sis
wa
ke
las
VI
I
B
S
MP
Ne
g
e
ri
3
Ar
jasa
pa
da
sub
pokok
ba
ha
sa
n
pe
rba
nding
a
n
da
n ska
la. | en_US |