HUBUNGAN ANTARA PERMAINAN EDUKATIF DENGAN KARAKTERANAK USIA DINI DI TK AT TAQWA BONDOWOSO
Abstract
Anak usia dini khususnya di TK At-Taqwa juga masih perlu merancang dan 
melaksanakan  kegiatan  pembelajaran  yang  sesuai  dengan  perkembangan  anak, 
yang salah satunya melalui penerapan permainan edukatif untuk membentuk anak 
memiliki  karakter  yang  baik.  Hal  ini  dapat  dilihat  dari  kegiatan  anak  sehari-hari 
dimana anak masih takut dan kurang percaya diri untuk melakukan sesuatu  yang 
diperintah  oleh  guru.  Permasalahan  tersebut  disebabkan  oleh  beberapa  faktor 
diantaranya media pembelajaran  yang kurang menarik, pembelajaran  yang hanya 
menitik  beratkan  pada  membaca  dan  berhitung  sehingga  membuat  anak  bosan. 
Kegiatan  yang  bias  dilakukan  untuk  menumbuhkan  karakter  anak  melalui 
permainan  edukatif  antara  lain;  permainan  papan  luncur,  permainan  peran, 
permainan  balok,  bercerita  dan  musik.  Tujuan  penelitian  untuk  mengetahui 
hubungan  antara  permainan  edukatif  dengan  karakter  anak  usia  dini  di  TK  At-
Taqwa Bondowoso. 
Dalam  penelitian  ini  responden  diambil  dengan  tekhnik  populasi. 
Berdasarkan kriteria yang ditentukan maka yang akan dijadikan responden dalam 
penelitian  ini  yaitu  seluruh  guru  tetap  TK  At  Taqwa  Bondowoso.  Lokasi  yang 
dijadikan  tempat  sebagai  penelitian  adalah  di  TK  At  Taqwa  Bondowoso  jalan 
Letnan  Rantam  nomor  01  Kabupaten  Bondowoso.  Sumber  data  dalam  penelitian 
ini  meliputi  (1)Data  primer  merupakan  data  utama  yang  diperoleh  dari  hasil 
angket,  dan  (2)  Data  sekunder  merupakan  data  pelengkap  yang  diperoleh  dari 
observasi  dan  dokumentasi  yang  berkaitan  dengan  tujuan  penelitian.  Adapun 
metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  metode  angket,  metode observasi,  dan  metode  dokumentasi.  Desain  yang  digunakan  penulis  dalam 
penelitian  ini  adalah  penelitian  korelasional  yaitu  untuk  mengetahui  hubungan 
suatu  fenomena  atau  variabel,  dan  apabila  ada  hubungan  tersebut,  seberapa  erat 
serta  apakah  hubungan  tersebut  berarti  atau  tidak.  Untuk  mencari  signifikasi 
hubungan dua variabel dalam penelitian ini, TK At Taqwa diperoleh hasil rho hitung 
0,678  dengan  tingkat  korelasi  cukup.  Dalam  penelitian  ini,  nilai  rho 
hitung 
berpedoman pada nilai tabel harga kritik Spearman’s Rho untuk N=43 yaitu 0,301 
dengan  taraf  signifikan  5%.  Dengan  demikian  dari  perhitungan  diatas  dapat 
diketahui bahwa (H1) yang berbunyi “Ada Hubungan Antara Permainan Edukatif 
Dengan  Karakter  Anak  Usia  Dini  Di  TK  At  Taqwa  Bondowoso” diterima. 
Sedangkan (Ho) yang berbunyi “Tidak Ada Hubungan Antara Permainan Edukatif 
Dengan Karakter Anak Usia Dini Di TK At Taqwa Bondowoso” ditolak. Dengan 
demikian  dapat  disimpulkan  bahwa  Ada  Hubungan  Antara  Permainan  Edukatif 
Dengan Karakter Anak Usia Dini Di TK At Taqwa Bondowoso.
