Produktivitas Guru Biologi Dalam Mengkontruksi Media Pembelajaran Hubunganya dengan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri Se-Kabupaten Situbondo
Abstract
Selain model pembelajaran, media juga sangat dibutuhkan dalam proses belajar
mengajar. Media dapat digunakan untuk mempermudah peserta didik dalam
mencapai suatu kompetensi memperjelas suatu pesan serta mempermudah proses
penyampaian materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui
ketersediaan media pembelajaran biologi di SMA Negeri Se-Kabupaten Situbondo
dan untuk mengetahui tingkat produktivitas guru biologi dalam mengkontruksi media
pembelajaran biologi di SMA Negeri Se- Kabupaten Situbondo. Serta untuk
mengetahui korelasi antara produktivitas guru biologi dalam mengkonstruksi media
dengan hasil belajar siswa SMA Negeri Se- Kabupaten Situbondo.
Penelitian dilakukan di SMA Negeri Se-Kabupaten Situbondo yang ditunjuk
sebagai sampel. Dimana berdasarkan data hasil penelitian diperoleh data mengenai
ketersediaaan media, kesesuaian media, jenis media yang tersedia, produktivitas guru
biologi dalam mengkonstruksi media pembelajaran, jumlah media pembelajaran,
intensitas penggunaan media pembelajaran, sumber dana dan pengalaman guru dalam
mengajar. Data yang diperoleh dari angket yang disebarkan pada SMA Negeri Se-
Kabupaten Situbondo (SMAN 1 Situbondo, SMAN 2 Situbondo, SMAN 1
Asembagus, SMAN 1 Panji, SMAN 1 Kapongan, SMAN 1 Panarukan dan SMAN 1
Suboh).
Hasil penelitian, analisis data serta diskusi penelitian, maka dapat dapat diambil
bahwa Ketersedian media pembelajaran di SMA Negeri kelas X semester 1 SeKabupaten
Situbondo
sebesar
57.14%
memadai,
42.86%
tersedia
cukup
memadai
dan
0%
kurang
memadai., sedangkan kelas XI sebesar 71,48% memadai, 28,57% cukup
memadai dan 0% kurang memadai. Sedangkan kelas XII sebesar 57.14% memadai,
42.86% cukup memadai dan 0% kurang memadai Produktivitas guru biologi di SMA
Negeri Kelas X, kelas XI dan kelas XII semester 1 Se-Kabupaten Situbondo dalam
mengkonstruksi media pembelajaran sebesar 30% dalam katagori produktif dan 70%
cukup produktif. Hasil penelitian menunjukkan korelasi. Hubungan antara
produktivitas guru biologi dalam mengkonstruksi media dengan hasil belajar siswa
dapat dilihat pada angket pertanyaan no 2 tentang berapa jenis media pembelajaran
biologi disekolah tempat Bapak/Ibu mengajar. Dari hasil analisis pertanyaan angket
no 2 korelasi antara produktivitas guru biologi dalam mengkonstruksi media
hubungannya dengan hasil belajar sebesar 45%. Dari hasil ini menunjukkkan korelasi
antara produktivitas guru biologi dalam mengkontruksi media hubungannnya dengan
hasil belajar siswa kurang hal ini disebabkan karena kemampuan guru dalam
mengelola dan melaksanakan pembelajaran kurang baik. Petanyaan nomor 6 tantag
berapa tingkat intensitas penggunaan media pembelajaran yang Bapak/Ibu gunakan
dalam pembelajaran biologi. Dari hasil analisis pertanyaan nomor 6 korelasi antara
produktivitas guru biologi dalam mengkonstruksi media hubunganaya dengan hasil
belajar siswa sebesar 14%. Dari hasil ini menunjukkan korelasi antara produktivitas
guru biologi dalam mengkonstruksi media hubunganaya dengan hasil belajar siswa
kurang hal ini disebabkan karena tingkat intensitas penggunaan media pembelajaran
yang digunakan guru biologi dalam pembelajaran kurang. Kualitas hasil belajar siswa
dipengaruhi kemampuan guru dalam mengelola dan melaksakan pembelajaran.
Pertanyaan nomor 8 tentang berapa jumlah media atau alat peraga yang dikonstruksi
oleh Bapak/Ibu setiap pokok bahasan. Dari hasil analisis pertanyaan no 8 korelasi
antara produktivitas guru biologi dalam mengkonstruksi media hubunganaya dengan
hasil belajar siswa sebesar 16%. Dari hal ini menunjukkkan korelasi antara
Produktivitas guru biologi dalam mengkonsrtuksi media hubungannya dengan hasil
belajar siswa kurang hal ini disebabkan karena jumlah media atau alat peraga yang
dikonstruksi oleh Bapak/Ibu setiap pokok bahasan kurang ditingkatkan oleh guru itu
sendiri.