PELAKSANAAN ADMISTRASI KREDIT UMUM PEDESAAN (KUPEDES) PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) Tbk. UNIT KENCONG CABANG JEMBER
Abstract
Berdasarkan hasil Praktek Kerja Nyata yang telah dilaksanakan serta
data yang terkumpul mengenai PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Unit
Kencong Kanca Jember dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
1. Untuk mengetahui dan memahami secara langsung mengenai
pelaksanaan kegiatan administrasi kredit umum pedesaan (KUPEDES)
pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Kencong Cabang
Jember mulai dari pengajuan sampai keputusan Ka Unit dan pencairan
kredit yaitu :
a. Penerimaan pengajuan kredit dari nasabah Kupedes dengan berkasberkas
yang
diperlukan
pihak
BRI
dalam
pemeriksaan
usahanya.
b. Berkas yang telah diterima Deksman diperiksa kembali untuk
memastikan berkas yang diterima benar dan telah sesuai dengan
ketentuan.
c. Berkas yang telah diperiksa, diajukan kepada Ka.Unit, selanjutnya
Mantri melakukan analisis dan evaluasi.
d. Ka.Unit menerima analisis dimana telah ditetapkan usulan tipa dan
strukturnya serta jumlah pinjaman yang layak diberikan.
e. Perjanjian dan pencairan kredit dilakukan apabila kredit yang telah
diputuskan diterima, selanjutnya Deksman menyerahkan berkas kepada
Ka Unit untuk difiat bayar.
f. Teller memanggil nasabah dan meminta tanda tangan dibelakang
kuintansi pembayaran setelah merasa yakin maka teller melakukan
pembayaran atas permohonana kredit.
2. Untuk membantu pelaksanaan kegiatan administrasi kredit umum
pedesaan (Kupedes) pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
Unit Kencong Cabang Jember, diantaranya sebagai berikut :
a. Membantu mengisi formulir pinjaman untuk nasabah.
b. Membantu memeriksa berkas-berkas kupedes pengajuan kredit
c. Mengisi Surat Pengakuan Hutang
Collections
- DP-Company Management [472]